Imbau Jaga Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Lorulun Sambangi Warga Lewat Door To Door Sistem

Uncategorized74 Dilihat

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Berbagai upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas untuk dapat memberikan Imbauan serta menjalin silaturahmi dan kemitraan yang baik dengan Masyarakat guna menyerap Informasi dan menjalin komunikasi.

Seperti yang terlihat dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Lorulun Bripka F. MUDI, dengan melaksanakan Door to Door Sistem (DDS) dalam bentuk kunjungan atau Sambang yang dilakukan dari satu Rumah ke Rumah yang lain, Rabu (10/04/24).

Kegiatan DDS ini merupakan salah satu tugas
yang wajib dilaksanakan secara rutin oleh setiap Bhabinkamtibmas. Selain berupa kegiatan sambang, kegiatan DDS ini juga merupakan salah satu wujud keaktifan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban Masyarakat di Desa binaannya.

Dalam kunjungannya, Bhabinkamtibmas menghimbau kepada para Warga untuk selalu menjaga Keamanan di lingkungan sekitar serta mengajak Warga untuk tidak ikut-ikutan terlibat dalam aksi kejahatan dan menanamkan kedalam diri sendiri bahwa keamanan dan ketertiban Masyarakat berawal dari diri kita sendiri.

“Hindari kegiatan atau perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun Keluarga berupa judi, mabuk (Miras) hingga perbuatan lainnya yang melanggar hukum” imbaunya.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas berpesan kepada warga agar tidak mudah terprovokasi dengan berita yang belum tentu kebenarannya (Hoax) maupun Isu Sara yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Bhabinkamtibmas pun berharap agar Warga tetap menjaga hubungan kerukunan hidup orang basudara, maupun hidup toleransi kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, Mengingat saat ini kasus asusila yang melibatkan Anak marak terjadi, sehingga Bhabinkamtibmas menghimbau kepada para Orang tua agar selalu mengawasi dan memperhatikan aktivitas Anaknya. Sehingga Anak tidak salah dalam pergaulan serta menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri, keluarga maupun orang lain.

Bhabinkamtibmas juga mengajak kepada Masyarkat apabila melihat maupun mengetahui adanya gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan agar segera dilaporkan melalui Call Center yang diberikan atau pada Pos Polisi terdekat, guna dapat segera ditindaklanjuti.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolsek Wertamrian Iptu EUDARD RIS KELIDUAN mengatakan bahwa dengan kehadiran Bhabinkamtibmas lewat giat Door to Door Sistem (DDS) yang rutin dilakukan ini, diharapkan dapat merangkul semua elemen Masyarakat agar dapat bersama-sama dengan Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah Masyarakat sehingga tetap kondusif.(Jk)