Cegah Gangguan Kamtibmas Pasca Bentrok Antar Desa, Polsek Kormomolin Tingkatkan Patroli Malam

Uncategorized62 Dilihat

 

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pasca bentrokan yang terjadi antar Desa, Polsek Kormomolin tingkatan Patroli bersifat Dialogis di Desa Alusi Batjasi dan Alusi Kelaan, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (14/04/24) malam.

Bentrokan yang terjadi antara Desa Alusi Batjasi dan Alusi Kelaan, Kecamatan Kormomolin pada hari Sabtu tanggal 14 April tersebut dipicu oleh adanya pengeroyokan yang dilakukan oleh beberapa kelompok Masyarakat Desa Alusi Batjasi terhadap salah seorang Masyarakat Desa Alusi Kelaan.

Sehingga untuk menghindari adanya konflik yang berkelanjutan, Personel Polsek Kormomolin yang dipimpin oleh Ka Jaga Shif III Aipda N. REFILELY bersama Personel dengan menggunakan kendaraan Dinas roda 2 (dua), melaksanakan Patroli dalam rangka Cipta Kondisi pasca bentrok yang terjadi diantara kedua Desa.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kapolsek Kormomolin Ipda HERPIN SIMA saat dikonfirmasi mengatakan bahwa giat Patroli malam yang dilaksanakan oleh Personelnya ini merupakan langkah proaktif Polsek Kormomolin dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat Pasca Bentrok yang terjadi antara Desa Alusi Batjasi dan Desa Alusi Kelaan.

“Melalui Patroli yang intensif, kami berupaya mencegah potensi kerawanan dan menciptakan lingkungan yang aman dan damai serta kondusif pasca bentrok yang terjadi pada Sabtu lalu” ungkap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa Masyarakat diimbau dan diharapkan dapat bekerja sama dengan aparat keamanan dalam memberikan informasi yang dapat mendukung langkah-langkah preventif dan responsif yang diambil oleh Polsek Kormomolin.

Sementara itu, Personel Polsek Kormomolin yang dilibatkan dalam Patroli pada malam hari tersebut dengan berfokus pada lokasi-lokasi strategis pada kedua Desa yang diperkirakan bisa menimbulkan potensi rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Nampak terlihat, mereka melakukan pengecekan terhadap keamanan lingkungan, mengawasi potensi kerawanan, sekaligus menyambangi Masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari guna menyampaikan Imbauan dan Pesan Kamtibmas

Dalam Patroli Dialogis tersebut, Petugas menyampaikan Imbauan agar memperhatikan waktu Istirahat malam dan tidak berkumpul/berkerumun terutama bagi para Remaja, tidak membawa Sajam (Senjata Tajam), serta tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti aksi perkelahian antar Pemuda yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Petugas pun menegaskan untuk hindari mengkonsumsi Minuman keras Tradisional yaitu Sopi, karena dampak dari minuman keras dapat menimbulkan masalah perkelahian hingga berpotensi menimbulkan terjadinya tindak pidana. Mereka pun mengajak Warga agar selalu menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Lebih lanjut Petugas mengajak Warga agar turut membantu Kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas di dalam Desa dengan cara hindari perbuatan yang merugikan diri dan apabila melihat maupun mengetahui adanya hal yang mencurigakan agar segera dilaporkan ke Bhabinkamtibmas maupun Polsek Kormomolin.

Giat Patroli Dialogis tersebut pun berjalan dengan aman, baik dan lancar. Sampai dengan berakhirnya giat Patroli, situasi di Desa Alusi Batjasi hingga Alusi Kelaan dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali.(A.L)