Me and My Money, Pendidikan Anggota CUSS dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Uncategorized1752 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | LUWU UTARA – Hari kedua edukasi pelatihan Financial Literacy, Sabtu 13 April 2024 Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) Tempat Pelayanan (TP) Saluampak, mengadakan kegiatan pelatihan pendidikan ekonomi mengenai bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dan keluarga dengan Financial Literacy, “Me and My Money.”

Acara ini berlangsung di Dusun Pangalli Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), dan menghadirkan staf bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat), Yohannes Pabiban dan Sangayoka Alberthin, Erni Pare Datu, Pande Thomas Minggu sebagai pembawa materi dan panitia pelaksana Pande Yustus Bunga dan Sangayoka Yuliana Sapan Paliran.

Pada pelatihan Financial Literacy ini, para peserta diajak untuk mengulas pola pemikiran anggota dan calon anggota. Rata-rata orang, mayoritas jarang membuat rencana untuk kedepannya dan banyak yang mempunyai prinsip bahwa hidup itu mengalir seperti air.

”Sebagai contoh jika seseorang hidup selama 80 tahun dan ingin pensiun di usia sekitar 50 tahun, itu berarti akan ada 30 tahun hidup tanpa penghasilan. Selain itu, dibahas pula perbedaan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants), dikarenakan banyaknya masyarakat umum yang masih tidak dapat membedakan kedua hal tersebut,” terang Alberthin didampingi Erni Pare Datu dan Thomas Minggu.

Pelatihan ini juga mengkaji lingkup-lingkup perencanaan keuangan, seperti perencanaan arus kas, perencanaan dana pendidikan, manajemen resiko, perencanaan investasi, pensiun, dan warisan. Juga pelatihan tersebut dilatih neraca keuangan yang meliputi aset dan hutang untuk mengetahui posisi financial saat ini, serta penyampaian mengenai laporan arus kas untuk mengetahui penggunaan uang yang ada.

Metode-metode yang digunakan CUSS untuk perencanaan keuangan, seperti dana darurat, time value of money, dan financial health check up, juga disampaikan dalam pendidikan FL ini.

Dan juga pemaparan materi mengenai manajemen resiko dan instrument investasi anggota. Secara umum materi yang disampaikan pada pendidikan ini dilakukan secara interaktif agar anggota dapat lebih baik dalam mengatur keuangan mereka serta dapat pula mengaplikasikan materi-materi yang disampaikan dalam pendidikan ini dalam kehidupan sehari-hari.

” Pendidikan ini diadakan dengan tujuan agar anggota CUSS dapat merencanakan keuangan masa depan mereka dengan baik. Dengan pelatihan yang tidak hanya teoritis, namun langsung praktik sehingga diharapkan anggota CUSS tidak perlu khawatir akan masa depan keuangan mereka. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anggota,” jelasnya.

 

Pewarta: Yustus
Editor : Asmail Tutu