PDIP Kepulauan Tanimbar Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah Tanpa Mahar.

Uncategorized286 Dilihat

PDIP Kepulauan Tanimbar Buk

Saumlaki, Satyabhayangkara.co.id – Menyongsong pesta akbar 5 tahunan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akan dilaksanakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik pertama yang mulai membuka pendaftaran untuk menjaring calon pemimpin potensial bagi Bumi Duan Lolat 5 tahun mendatang, terhitung besok 17 April hingga 30 April nantinya.

Pendaftaran juga dilakukan secara gratis atau tanpa mahar sehingga siapapun boleh mendaftar. Hal ini disampaikan Ketua DPC Partai PDIP-KKT Andre Werembinan Taborat, didampingi Sekretaris DPC PDIP Jidon Kelmanutu dan Panitia Penjaringan Moses Ditilebit dan Senrio Sainlia, saat menggelar jumpa pers di kantor Partai Banteng Moncong Putih. Selasa,(16/4).

Dikatakan Andre, PDIP sebagai partai yang memiliki 3 kursi di DPRD pada Pileg ini, maka mulai hari Selasa ini menjadi hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk bertarung pada 27 November 2024 nanti dan mekanisme pendaftaran akan disiapkan di sekretariat partai.

“Jadi silahkan bagi kader potensial partai maupun khalayak umum yang berniat membangun daerah ini, maka PDIP membuka pintu dan mempersilahkan untuk mendaftar. Bagi bakal calon yang mau silahkan mendaftar secara perorangan dan tidak paket,” ujar Andre.

Sementara Sekretaris DPC PDIP Jidon Kelmanutu, mengatakan pada prinsipnya DPC PDIP menindaklanjuti instruksi DPP dan DPD terkait dengan proses penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah dan dalam proses penjaringan tersebut pihaknya tidak dapat keluar dari instruksi partai.

Dikatakan Jidon, dalam proses penjaringan ini, terbuka untuk umum, karena selama ini ada rumor bahwa PDIP hanya mau mengakomodir kader partai, maka saat ini instruksinya adalah semua kader potensial di Tanimbar punya hak yang sama akan diterima.

“Walaupun PDIP KKT mempunyai kader yang siap tetapi tidak menutup kemungkinan kader dari luar partai,” tegasnya.

Syaratnya umumnya yakni merupakan warga NKRI. Namun yang paling penting memiliki akhlak yang baik. Sebab menurut Jidon, calon pemimpin daerah harus mempunyai mental yang baik untuk membangun Tanimbar. Alhasil, DPC telah siapkan sebanyak 7 orang tim penjaringan yang melihat sekaligus memetahkan politik pada setiap balon calkada.

“Dengan mengumumkan pendaftaran ini sekaligus membantah isu bahwa PDIP sudah punya calon. Juga akan dilakukan survey kepada bakal calon-calon yang mendaftar,” tandasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa Tanimbar membutuhkan pemimpin yang memiliki hati untuk rakyat dan negeri ini serta tidak Nasompun (mencela). (B.A.J.K)