Bahas Kesiapan Pilkada 2024 di Bumi Lamaranginang, Pimpinan Bawaslu Silaturahmi Bupati

Uncategorized1405 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | LUWU UTARA — Menjelang tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang semakin dekat, Bawaslu Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan silaturahmi dengan Bupati Luwu Utara, Selasa 16 April 2024.

Silaturahmi atau audiens diterima langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani didampingi Sekda Luwu Utara di ruang Bupati.

Muhajirin, Ketua Bawaslu Luwu Utara pada media ini via whatsapp mengatakan bahwa kunjungannya beserta jajaran dalam rangka menjalin silaturahmi pasca Idulfitri.

Lebih lanjut Muhajirin bahwa, tahapan Pilkada yang sebentar lagi berlangsung dan berpotensi beririsan dengan tahapan Pemilu memerlukan persiapan-persiapan yang penting, salah satunya berkenan dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang dalam hal ini Bawaslu berharap kerjasama dan kolaborasi Bupati dan DPRD untuk pembahasan tahap selanjutnya.

Terkait NPHD menurutnya, baik untuk Bawaslu maupun KPU dan lembaga lain konteksnya yang menentukan adalah Bupati dan DPRD,

Ketua Bawaslu Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang, ini kemudian berharap agar dalam proses penggunaan dana hibah Pilkada dapat dilaksanakan se-efisien mungkin oleh penyelenggara Pemilu karena kemampuan fiskal Pemerintah Daerah yang terbatas, namun disisi lain ia menekankan agar tugas Pengawasan dan kelembagaan Bawaslu tetap berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam giat silaturahmi tersebut Sekretaris Daerah Luwu Utara Baharuddin Nurdin, jajaran Pimpinan Bawaslu Luwu Utara, Supriadi dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Lutra Nurmaidah.

Sekadar diketahui bahwa, pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024. Hal ini ditentukan dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi II DPR RI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di ruang rapat Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin 24 Januari 2022 lalu.

Bupati Luwu Utara Indah panggilan akrabnya sangat menyambut baik kedatangan jajaran Bawaslu Lutra sebagai langkah strategis dalam merajut komunikasi antara Pemkab dan Penyelenggara Pemilu.

” Ini adalah pertemuan silaturahmi yang sangat strategis, saya kira ini penting untuk membangun sinergitas kedepan,” harap Bupati perempuan pertama di Sulsel dua periode.

 

Pewarta: Yustus
Editor : Asmail Tutu