Jumat Curhat, Kapolres Kepulauan Tanimbar Serap Masukan Keluhan Warga.

Uncategorized59 Dilihat

 

Saumlaki, Satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Agenda rutin yang digelar setiap hari Jumat bertajuk Jumat Curhat pada wilayah hukum Polres Kepulauan Tanimbar terus dilaksanakan bahkan ditingkatkan. Kegiatan ini tentunya merupakan upaya Polri guna menyerap aspirasi dan masukan terkait pelaksanaan tugas Kepolisian ditengah Masyarakat.

Seperti yang terlihat dilakukan oleh Polres Kepulauan Tanimbar bersama Polsek jajaran dalam melaksanakan giat Jumat Curhat bersama dengan Warga Desa Kilmasa, berlokasi di Balai Desa Kilmasa, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (19/04).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., dan didampingi oleh para PJU, para Perwira, Kapolsek hingga Personel Polres Kepulauan Tanimbar dan Polsek Kormomolin. Serta dihadiri oleh Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, dengan Tema “Polres Kepulauan Tanimbar wujudkan Polisi Keselibur (Polisi sahabat masyarakat)”.

Awali sambutannya, Camat Kormomolin John B. Angwarmase, S.H., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kapolres yang telah kembali mengunjungi Desa-Desa di Kecamatan Kormomolin. Ia sangat bersyukur karena Pihaknya sangat terbantu dengan kehadiran Bapak Kapolres atas bantuan dalam mengatasi situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Kormomolin. Menurutnya, menjaga situasi Kamtibmas bukan hanya dilakukan oleh Aparat Keamanan saja, namun merupakan tanggung jawab kita bersama.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, S.I.K., dalam arahannya mengungkapkan permohonan maaf karena telah membatasi pekerjaan bapak-ibu untuk dapat hadir pada kegiatan jumat curhat ini. Lanjutnya Kapolres menyebut, Jumat Curhat ini merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan guna mendengar keluhan, masukan dan kritikan dari Masyarakat guna meningkatkan kinerja Polri kedepan agar dapat lebih baik.

“Lewat kegiatan ini, tentunya kami (Polri) sangat berharap adanya kritikan dan masukan dari Masyarakat kepada kami, maupun keluh kesah terkait persoalan Kamtibmas yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan apabila terjadi permasalahan konflik baik itu sesama Warga maupun akibat Kenakalan Remaja, diharapkan agar dapat diatur di Desa dengan berkomunikasi secara baik melalui musyawarah, serta jauhkan tradisi-tradisi lama yang setiap permasalahan kecil langsung melibatkan seluruh Masyarakat sehingga bisa menimbulkan dampak konflik yang meluas.

Jikalau pada waktunya untuk bercocok tanam saat membuka lahan baru, Kapolres menghimbau agar dapat dikomunikasikan secara baik-baik antara Desa tetangga yang memiliki permasalahan batas lahan tanah. Sehingga ada kesepakatan bersama untuk bisa mengolah dan menikmati hasil secara bersama-sama.

“Terkait pemasalahan Pelecahan seksual yang marak terjadi dengan melibatkan Anak sebagai Korban, sehingga saya menghimbau kepada para Orang tua untuk perlu adanya pengawasan ketat kepada Anak dengan cara membatasi kegiatan Anak, hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan” imbau Kapolres.

Menutup arahannya, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., bererima kasih kepada Masyarakat Desa Kilmasa yang telah bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama Pemilu kemarin berlangsung. Selain itu jelang Pilkada serentak ini, Kapolres berpesan dan mengajak Masyarakat untuk hindari Money Politik maupun Black Campaign, tidak mudah mempercayai Berita yang belum tentu kebenarannya (Hoax) hingga isu sara. Serta selalu menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif guna terciptanya Pilkada yang aman, sejuk dan damai.

Sementara itu, Banyak masukan dan pertanyaan dari Masyarakat yang diajukan pun dapat dijawab langsung oleh Kasat Lantas, Kasat Binmas, Kapolsek Kormomolin, Kasikum hingga Kapolres Kepulauan Tanimbar. Seperti tentang kasus Penanganan Laka Lantas, adanya Money Politik saat tahapan Pemilu, masalah keamanan di lingkungan warga setempat, utang piutang, caci maki dalam Rumah Tangga, hingga konflik batas lahan.

Selain itu, Masyarakat pun sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar bersama jajarannya lewat Program Polri bertajuk Jumat Curhat ini. Tentunya lewat Jumat Curhat ini, mulai dari menampung keluhan terkait Kamtibmas hingga masukan-masukan yang bermanfaat dari Masyarakat, diharapkan dapat menjadikan Polri lebih baik kedepannya serta menjadikan Polri yang Presisi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. (Jk).