Melalui Zoom Meeting, Kapolres Sinjai Sosialisasikan Pentingnya Kamtibmas Kepada Berbagai Unsur Tokoh Se Kabupaten Sinjai

Uncategorized710 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | SINJAI – Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah, S.Ik menggelar pertemuan secara daring yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Forkopincam, dan berbagai tokoh masyarakat kabupaten Sinjai. Rabu (24/4/2024).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas tentang Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) serta mensosialisasikan penanganan tindak pidana kekerasan yang terjadi di tengah masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam menjaga Kamtibmas di Sinjai, baik secara langsung maupun melalui platform zoom. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah unsur Forkopimcam dari sembilan kecamatan, para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Sinjai, serta tokoh masyarakat seperti Tomas, Toga, dan Toda. Selain itu, seluruh personel Polres Sinjai dan Polsek Jajaran juga turut serta dalam acara ini.

Dalam pembukaan kegiatan, Kapolres Sinjai menyajikan data mengenai tingkat kriminalitas yang terjadi selama tahun 2023 serta perbandingannya dengan kasus yang terjadi pada periode Januari hingga April 2024. Evaluasi dilakukan terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di Kabupaten Sinjai, termasuk dalam hal pengamanan kegiatan masyarakat dan penguatan 3 Pilar.

Selain itu, Kapolres Sinjai juga menjelaskan mengenai penanganan kasus kekerasan fisik, yang dapat penanganan secara Restoratif Justice (RJ) dan tidak Restoratif Justice (RJ). Apalagi kasus kekerasan fisik yang ada korban yang mengalami luka berat dan pelaku yang meresahkan masyarakat.

Pentingnya menjaga Kamtibmas, terutama menjelang agenda besar seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), juga menjadi perhatian utama dalam pertemuan tersebut.

Kapolres Sinjai mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersiap-siap menyambut Pilkada Serentak 2024, dan mengajak secara bersama sama menciptakan situasi aman kondusif, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.

Sebagai penutup, Kapolres Sinjai juga mengumumkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan assessment terhadap bhabinkamtibmas serta membuka kesempatan bagi seluruh personel Polres Sinjai yang berminat untuk menjadi bhabinkamtibmas. Hal ini sebagai langkah nyata dalam memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Sinjai dan siap melaksanakan tugas dengan penuh semangat. pungkasnya.

 

Irsan Hb