Wakalemdiklat Polri Motivasi Bhabinkamtibmas Ikut Kembangkan Potensi Garut

Uncategorized313 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | JAKARTA, – Wakalemdiklat Polri, Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si mendorong Anggota Bhabinkamtibmas di Kabupaten Garut terlibat aktif memanfaatkan teknologi digital dalam mendorong warga Masyarakat Garut untuk membangun usaha Warkop Digital.

Hal itu disampaikan Irjen Pol. Eko Budi Sampurno saat melakukan kunjungan kerja sekaligus silahturahmi dengan jajaran Polres Garut pada Sabtu (18/5/2024).

Saat memberi arahan kepada jajaran Polres Garut di ruang Aula Suardja Atma Saputra atau Aula Bagops, Wakalemdiklat Irjen Pol. Eko memberi motivasi kepada anggota Polres Garut, terutama para anggota Bhabinkamtibmas agar selalu semangat dalam bekerja, dan lebih dekat dengan Masyarakat.

Wakalemdiklat Polri, yang pernah menjabat Kapolres Cimahi itu menjelaskan, kunjungannya tersebut untuk memberi motivasi kepada para personel Polres Garut, terlebih untuk anggota Bhabinkamtibmas.

Menurutnya, salah satu alternatif dalam membangun usaha adalah melalui pemanfaatan tekhnologi digital dengan hadirnya usaha “WARKOP DIGITAL”.

“Dimana di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang bukan hanya untuk usaha, tetapi juga sarana komunikasi informasi, pembelajaran, layanan bursa kerja dan marketing digital UMKM. Di era digital saat ini, diharapkan penggunaan internet dapat memberikan manfaat untuk bisa menambah lebih penghasilan, dengan mengangkat keunggulan atau kearifan lokal. Misalnya produk UMKM, potensi alam menjadi destinasi wisata, dan pengiriman tenaga kerja ke dalam dan luar negeri,” terang Irjen Pol. Eko yang pernah menjabat Kapolres Garut di tahun 2006.

“Warkop Digital ini adalah salah satu alternatif mencari solusi dalam permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat, dan bisa juga meningkatkan ekonomi usaha mikro (UMKM),” ujar Irjen Pol. Eko.

Irjen Pol. Eko juga sempat memaparkan tentang program digitalisasi di pedesaan dengan teknologi yang disiapkan SalmaNet yakni program IraDesa (Internet Desa).

Perusahaan ini, lanjut Irjen Pol. Eko, menghadirkan sinyal internet/ wifi yang dapat dinikmati Masyarakat desa.

Kapolres Garut AKBP. Rohman Yonki Dilatha, S.I.K., M.Si menyambut baik pemaparan dan arahan Wakalemdiklat Polri sebagai motivasi meningkatkan kinerja jajaran Polres Garut.

“Bhabinkamtibmas dalam membina dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sangatlah baik. Tetapi akan lebih luar biasa apabila dapat membantu masyarakat dalam meingkatkan ketahanan ekonominya,” imbuh Kapolres Garut AKBP Rohman.

Ketua Komite Penyelarasan TIK (KPTIK) Dedi Yudianto ikut mendampingi Wakalemdiklat Irjen Pol. Eko saat melaklukan kunjungan kerja di Polres Garut dalam rangka memberi penguatan dan akses kepada keluarga anggota Bhabinkamtibmas untuk membuka usaha Warkop Digital.

“Kami juga di Cybers Academy terus melakukan Pelatihan Online, dan kedepan akan semakin massif. Selain itu juga, ada Portal Perekrutan Cybersjob untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) semua bisa lewat kehadiran Warkop Digital,” pungkas Dedi.

Selain itu, perwakilan dari portal media Guetilang.com Cepu Suprianto turut hadir pada kesempatan ini dalam rangka memfasilitasi pelatihan Citizen Journalism bagi aparat Bhabinkamtibmas.

Wakapolres Garut, Kasat Binmas, dan sejumlah Kapolsek se Polres Garut turut menyambut kedatangan Wakalemdiklat Polri Irjen Pol. Eko dan rombongan.

Selain itu, hadir pula mantan Wakil Bupati dr. Helmi Budiman dan beberapa pelaku usaha asal Garut.

Pada kesempatan terpisah, Ir Soegiharto Santoso, SH selaku Komisaris utama PT Raihan Teknologi Pratama (SalmaNet) menanggapi masuknya program IraDesa (Internet Desa) di Kabupaten Garut, mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar Fiber Optic untuk menghadirkan sinyal internet/ wifi di 4 Desa yang ada di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut sejak 16 Agustus 2021 bersama Onno W. Purbo selaku Komisaris dan Dadang Setiawan selaku Direktur Utama, serta Andi Tanudiredja sebagai Direktur.

“Dalam pelaksaaan kegiatan Program IraDesa, PT Raihan Teknologi Pratama di support oleh Ir. Dedi Yudianto, MBA selaku CEO Cybers Group,” ungkap Hoky saapan akrab Soegiharto yang juga sebagai Pendiri Guetilang.com serta menjabat sebagai Ketua Umum APTIKNAS dan Sekretaris Jenderal PERATIN (Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia). (***/ZKL).

pewarta: Arif prihatin