Ir. H. Bastoni, S.Pt., M.Sc.,IPM., ASEAN ENG : Pentingnya Sosialisasi Penyembelihan Hewan Kurban Untuk Memperoleh Daging Yang Sehat Dan Halal

Uncategorized772 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | KABUPATEN CIREBON, – Waktu yang ditetapkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan Kurban adalah sejak selesai shalat Idul Adha tanggal 10 Zulhijah sampai terbenam matahari pada tanggal 13 Zulhijah.

Sementara itu, orang yang menyembelih hewan kurban diutamakan shahibul kurban (orang yang berkurban) sendiri, sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah saw. Apabila shahibul kurban tidak mampu untuk menyembelih sendiri hewan kurbannya, penyembelihan bisa dilakukan (diwakilkan) oleh orang lain.

Berikut tata cara yang syari menyembelih hewan kurban:

1. Menggunakan alat penyembelihan yang tajam
Diriwayatkan dari Syaddad ibn Aus ra. dari Rasulullah saw. beliau bersabda: Ada dua hal yang senantiasa aku jaga yang berasal dari Rasulullah saw. Rasulullah bersabda: “Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya.” (HR Muslim).
2. Menghadapkan hewan ke arah kiblat

“Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari Muhammad dan umatnya. Bismillahi Allahu Akbar. Kemudian beliau menyembelihnya.” (HR Abu Dawud).

Hewan yang hendak disembelih dihadapkan ke kiblat, yaitu pada bagian leher yang akan disembelih. Karena itulah arah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Posisi kepala hewan yang akan disembelih boleh di sebelah utara dan boleh di sebelah selatan.

3. Setelah menghadapkannya ke arah kiblat, kemudian berdo’a:

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ
Sesungguhhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ….(sebutkan nama shahibul kurban).” (HR Abu Dawud).

4. Kemudian menyembelih hewan kurban dengan membaca lapadz Allah

5. Memutus ( memotong ) tenggorokan dan  dua urat besar yang ada dileher serta memotong 3 saluran yaitu: hulqum, mar’i, dan wadjadain atau saluran nafas (trachea), saluran makan (esofagus) dan pembuluh darah kiri dan kanan yang ada di bagian leher (arteri carotis comunis) Mengingat pentingnya kualitas daging dengan sertifikat halal,

Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Sosialisasi Penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam

Ba’da salam semoga rahmat dan hidayah Allah senantiasa menyertai aktifitas kita selalu, Aamiin.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Kita Baginda Kita Nabi Muhammad Saw.
Dalam rangka Momentum Iedhul Adha dan persiapan menyongsong *Ibadah Qurban*. Kami mengundang bapak untuk hadir dalam Seminar Sosialisasi Penyembelihan Hewan Qurban. Adapun rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan Rabu 12 Juni 2024 / 05 Dzulhijah 1445 H. Jam 07.00 WIB s/d 12.00 wib, Bertempat di Aula Masjid Raya UMC Kampus 2 UMC yang beralamatdi  Jl. Fatahillah-Watubelah Sumber, Kabupaten Cirebon.

Pembicara 1: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon
Pembicara 2: Majelis Ulama Indonesia
Pembicara 3: Dinas Peternakan Kabupaten Cirebon.

TOR : Terlampir

Tempat Pendaftaran:

1. Kampus UMC Prodi Peternakan
2. Bagi Pelanggan/ Mitra/ Rekan/ Partner UUT BEEF di Kantor UUT BEEF

Benefit:
✅E-sertifikat
✅Relasi
✅Peningakatan Pengetahuan Tentang JULEHA (Juru Sembelih Halal)
✅Ilmu yang bermanfaat

Turut hadir Mitra Prodi Peternakan UMC yaitu UUT BEEF
2.Pelanggan UUT BEEF
3.Panitia Hewan Qurban
4.DKM Masjid/ Musholla Se-Ciayumajakuning
5.Umum

Gratis %
[KUOTA TERBATAS]
Link pendaftaran :
https://forms.gle/Ekd1bvXADi5LsZMz7

Hidup mahasiswa Peternakan Indonesia!
Salam Cinta dari Ujung Kandang!

Demi kelancaran kegiatan tersebut, Kami Informasikan Kepada Pelanggan UUT BEEF Bagi Yang Mau Ikut Acara Tersebut Agar Mendaftar Ke Admin Kami di Kantor UUT BEEF.

Ir. H. Bastoni, S.Pt., M.Sc.,IPM., ASEAN ENG selaku Dosen dan juga panitia pelaksana kegiatan sosialisasi hewan kurban menuturkan melalui tim liputan media ini bahwa ” penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam memiliki banyak keuntungan, seperti daging yang sehat dan halal tentunya

Bastoni menambahkan, Dengan adanya acara sosialisasi seperti ini semoga bermanfaat buat kita semua dan bisa dipastikan bahwa daging yang akan kita konsumsi sebagai bahan makanan itu sehat dan halal

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Nashrun Min Allah Wa Fathun Qorieb”pungkasnya

Pewarta : Arif prihatin