Mensos Risma membagikan bantuan serta meminta Masyarakat KKT untuk menyampaikan permintaan

Uncategorized41 Dilihat

 

Satya Bhayangkara | Saumlaki_
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dalam kegiatan bakti sosial yang menyasar 4.026 penerima manfaat.

Mensos Risma meninjau langsung masyarakat dan kelompok masyarakat yang memiliki usaha, meninjau berbagai layanan kesehatan, disabilitas, dan permasalahan sosial lainnya. Selain itu Mensos Risma memberikan berbagai bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berlangsung di Pendopo Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Rabu 26 Juni 2024.

“Hari ini kita akan mengadakan bakti sosial dengan beberapa program, ada operasi katarak, pengecekan telinga, bantuan alat-alat untuk disabilitas dan bantuan untuk pemberdayaan, ” kata Mensos Risma

Mensos Risma berbincang langsung dengan para penerima manfaat dan menanyakan kebutuhan mereka. Mensos Risma menekankan pentingnya pengolahan bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai harga yang lebih tinggi. “Alat ini untuk mengolah kelapa menjadi minyak kelapa. Jadi kalau membutuhkan minyak goreng bisa membuat sendiri. Uang tidak keluar,” kata Mensos Risma.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 244 penerima manfaat hadir di pendopo Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Kementerian Sosial memberikan berbagai layanan kepada masyarakat antara lain layanan disabilitas fisik berupa terapi okupasi untuk 128 PPKS, layanan disabilitas mental (ODGJ) untuk 49 PPKS, dan layanan disabilitas sensorik (audiometri) untuk 76 PPKS. Selain itu Kemensos memberikan layanan disabilitas intelektual (pemeriksaan IQ) untuk 9 PPKS, dan layanan untuk penyandang kusta untuk 22 PPKS.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Sosial juga menyerahkan sejumlah alat bantu sebagai bentuk dukungan langsung kepada warga, antara lain kursi roda 3 in 1 sebanyak 21 unit, kursi roda anak (CP) 18 unit, kursi roda standar 44 unit, tongak kaki tiga 52 unit, dan tongkat kaki empat 15 unit.

Selain itu juga tongkat adaptif 25 unit, walker 3 unit, kruk 17 unit, alat bantu dengar 47 unit, gruwi 13 unit, grita 6 unit, kaki palsu 2 unit, dan tangan palsu 2 unit.Total alat bantu yang diserahkan mencapai 348 unit. Bantuan lain juga diberikan berupa pemenuhan hidup layak, paket makanan anak, dan paket mainan anak sebanyak 1.224 paket

Salah seorang penerima manfaat (PM) yang menerima bantuan alat-alat untuk produksi minyak kelapa menyampaikan terima kasih atas bantuan Kemensos. “Pasti sangat bermanfaat untuk masyarakat. Terima kasih Bu Mensos,” kata Leobardus Batmomolin (31) salah seorang penerima bantuan pemberdayaan berupa alat pengolahan minyak kelapa.

Penerima manfaat sebanyak (70) penyandang disabilitas fisik kaki asal menyatakan terima kasih karena mendapat kaki palsu. Lima tahun lalu kakinya harus diamputansi karena penyakit dan kemudian menggunakan tongkat untuk berjalan. “Terima kasih Bu Mensos sudah memberikan kaki palsu. Saya akan mencoba untuk menggunakannya,”kata Sainaki dengan nada senang.

Kepulauan Tanimbar yang dikunjungi Mensos Risma merupakan salah satu kepulauan terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste. Kepulauan ini awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebelum mengalami pemekaran menjadi Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dengan kehadiran Mentri sosial Rismaharini di kabupaten Kepulauan Tanimbar masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan bantuan yang diserahkan langsung oleh Mensos kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (W,L)