Pembukaan pekan olahraga dan seni dalam rangka peringatan hari kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022

Uncategorized100 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | MAMUJU – Pembukaan pekan olahraga dan seni dalam rangka peringatan Hari kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022 dengan Tema ” BANGKIT INDONESIAKU SEHAT NEGERIKU ” dilapangan Sepak bola Campaloga Kec Tommo Kab Mamuju Prov Sulbar yang di hadir sekitar 500 orang Selasa 8/11/2022.

Hadir dalam Kegiatan ini Hj. ST. Sutinah Suhardi. SH., MSI (Bupati Mamuju), Kolonel Inf M.Imasfy S.E (Dandim 1418/Mamuju), Dr Acong (Kadis Kesehatan Kab Mamuju), Ado Mas’ud(ketua PKK kab Mamuju), Andi makasau Perwakilan PT Mul, Robert Budiman, Amd Kep.(Camat tommo), Para pajabat eselon II para asisten dan para kepala OPD kab.Mamuju, Para direktur sekolah tinggi ilmu kesehatan, Para dokter kab.Mamuju, Para kepala Puskesmas se-kab Mamuju, Para kepala Desa se kec tommo, dan Para Mahasiswa dan mahasiswi kesehatan se – kab.Mamuju.

Di kesempatan ini Bupati menyampaikan Selamat hari kesehatan nasional ke-58 tahun 2022, semoga peringatannya kali ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan demi mendorong peningkatan derajad kesehatan masyarakat secara luas sebagaimana tema peringatannya kali ini “ bangkit indonesiaku sehat negeriku ”.

Selanjutnya saya menyampaikan apresiasi atas semangat yang begitu luar biasa dari semua tenaga kesehatan yang telah hadir ditempat ini untuk mengikuti pekan olahraga dalam memperingati hari kesehatan nasional tingkat kabupaten mamuju. Saya berharap kegiatan tahunan yang kali ini kita pusatkan di kecamatan tommo dapat menjadi ajang silaturahmi serta sarana rekreasi dan hiburan bagi semua tenaga kesehatan, sehingga dapat kembali merefresh fisik dan semangat yang telah terporsir selama hampir setahun ini, agar tenaga kesehatan juga selalu dalam kondisi prima untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terlepas dari rutinitas event pekan olahraga yang kita laksanakan hari ini, saya juga ingin memberikan kabar gembira kepada para tenaga kesehatan terutama bagi tenaga perawat dan bidan, bahwa tahun ini kita kembali akan mengakomodasi pengangkatan p3k tenaga kesehatan yang jumlahnya mencapai 250 orang, dan rekrutmennya tahun ini telah berproses, jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik, bagi yang belum asn segera melakukan penginputan lewat jalur yang telah disiapkan, saya do’akan semua bisa di akomodasi menjadi p3k kabupaten mamuju.

Sebagai jawaban atas visi mamuju keren, peningkatan kualitas layanan kesehatan tentu tidak hanya berkonsentrasi pada aspek peningkatan sumber daya internal, namun juga kita tetap fokus dalam meningkatkan kualitasnya, seperti lewat jaminan kesehatan semesta atau uhc,

Saya sampaikan tidak ada lagi masyarakat mamuju yang tidak bisa dilayani di fasilitas kesehatan karena tidak punya biaya, sebab semuanya telah ditanggung pemerintah daerah lewat bpjs kesehatan.

Tidak hanya sampai disitu, untuk menjamin mobilisasi layanan kesehatan, pemerintah daerah saat ini juga telah mengadakan 13 unit mobil ambulance, 3 diataranya adalah bantuan dari pihak perbankan, dalam hal ini bank bri dan bank bni, selebihnya 10 unit kita telah beli dengan apbd mamuju. Haraparannya tentu tidak boleh lagi ada warga mamuju yang mengalami kondisi darurat dan tidak terfasilitasi dengan baik, karena sarananya juga telah kita siapkan berupa mobil ambulance.

Kedepannya kita akan berusaha mengadirkan 1 desa 1 mobil ambulance sehingga layanan akan dapat lebih ditingkatkan.

Saya minta para puskesmas terus meningkatkan kualitas kesehatan yang telah kita tunjukkan, hendaknya dapat di imbangi dengan peningkatan kinerja aparatur kesehatan, sebab tantangan yang akan kita hadapi tentu akan semakin variatif, seperti soal angka stunting yang masih cukup tinggi, sampai pada cakupan vaksinasi yang juga masih harus kita dorong.

Semoga melalui komitmen kita bersama, tugas dan tanggung jawab yang telah menanti didepan mata dapat dilaksanakan dengan baik, agar masyarakat mamuju dapat lebih sehat, seiring dengan kemajuan ekonomi dan kesejahtraan yang juga terus kita intervensi secara bersamaan.

Pewarta Darman Ardi