Penyelenggaraan kegiatan Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya “Pembinaan Komunitas Kodim 1425 Jeneponto

Uncategorized82 Dilihat

JENEPONTO — Penyelenggaraan kegiatan Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya “Pembinaan Komunitas”, Kodim 1425 Jeneponto Semester II TA 2022, diselenggarakan di Aula Vyati Makodim, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Lingkungan, Pacceko Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Jeneponto Rabu, (09/11/2022).

 

Komunikasi Sosial dengan Bangsa Lainnya mengusung tema, “Bersatu Membangun Bangsa Dalam Bingkai NKRI”, yang dipimpin oleh Kasdim 1425 Jeneponto Mayor Inf Setiyadi Purnomo, S.Sos.

 

Kegiatan tersebut di hadiri, Pasi Ter Kodim 1425 Jeneponto Letda Inf Muh. Amin, Ketua Komunitas Jeneponto Masoner (JEMO), Saidil Amin Rangka, S.Pd., Bersama Anggotanya, Ketua Komunitas Sepeda Tamalatea, Iskandar Sarro Bersama Anggotanya, Ketua Komunitas Penikmat Kopi (KPK. N-MAX) Muh. Basir Bersama Anggotanya, Para Babinsa jajaran Kodim 1425 Jeneponto.

 

Dalam kesempatan ini Kasdim Mayor Inf Setiyadi Purnomo membacakan sambutan Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Agus Tanra, S.Ag., yakni Pembinaan Teritorial TNI AD yang dilaksanakan secara efisien dan efektif pada dasarnya ditujukan untuk mensinergikan sekaligus mewujudkan kekuatan ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh, Dalam implementasikan, Binter TNI AD melalui 3 (tiga) metode yaitu Bakti TNI, Tahwil dan Komunikasi Sosial (Komsos),”ucapanya.

 

Pelaksanaan kegiataan Komsos Dengan Komponen Bangsa Lainnya (Pembinaan Komunitas) diwilayah Korem 141/Tp, sangat ditentukan sejauh mana pihak penyelenggaraan Satkowil jajaran Korem 141/Tp, mampu membangun pemahaman dan persepsi yang positif tentang Binter TNI AD, serta mampu mewujudkan kesamaan Visi, Misi, persepsi, interprestasi dalam menyikapi dan mengantisipasi dinamika kehidupan masyarakat,”imbuhnya.

 

Pada pelaksanaan kegiatan Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya (Pembinaan Komunitas) dapat menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan segenap Komponen Bangsa Lainnya yang ditujukan untuk seluruh wilayah NKRI sebagai wujud partisipasi bangsa dibidang pertahanan negara aspek darat.

 

Kodim 1425 Jeneponto selalu siap melangkah bersama dengan semangat baru yang diwarnai dengan inovasi, integritas, optimisme serta komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi Pemerintah dan masyarakat Kabuoaten Jeneponto.

 

Usai bacakan sambutan Dandim, Kasdim Mayor Inf Setiyadi Purnomo memberikan materi Wawasan Kebangsaan tentang Bela Negara, “BERSAMA TNI MEMBANGUN BANGSA”.

 

Dalam materinya Kasdim Mayor Inf Setiyadi Purnomo menjelaskan, Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya, “jelasnya.

 

Selain itu, Bela negara juga merupakan sebuah konsep tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok, atau seluruh komponen dari suatu negara, secara fisik dapat diartikan sebagai usaha pertahanan dari segala bentuk Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan (AGHT) terhadap eksistensi negara tersebut,”tambah dia.

 

Lanjut Kasdim jelaskan, Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “Sambung Kasdim.

 

Semoga kegiatan ini bermanfaat, serta memberikan kontribusi positif yang telah diberikan dalam membangun dan menjaga hubungan emosional yang erat antara Kodim 1425 Jeneponto, Instansi terkait serta seluruh Komponen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Jeneponto.

 

Sumber : Penerbangan Kodim 1425 Jeneponto.

 

Pewarta Amir Na