Gas LPG 3 Kilogram langkah di Toraja Utara pemerintah gelar pasar murah

SATYA BHAYANGKARA | TORAJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara menggelar operasi pasar murah tabung gas Liquified Petroleum Gas (LPG) ukuran 3 kilogram (Kg) dengan harga jual sama di Pangkalan Rp21 ribu per tabung di Lapangan Bakti Rantepao Toraja Utara, Kamis 18 Januari 2024.

Kepala Pemerintah Kecamatan Rantepao, Rony Kala’suso pada media ini menjelaskan bahwa, operasi pasar murah tersebut dilakukan demi membantu masyarakat dalam rangka mengantisipasi melonjaknya harga LPG dan kelangkaan yang marak terjadi belakangan ini.

” Karena di pengecer masyarakat sulit untuk membeli karena terjual bervariasi ada Rp40 ribu, Rp45 ribu hingga Rp50 ribu,” sebut Camat Rantepao.

Dua truk LPG bersubsidi 3 kg sebanyak 1.120 tabung hari ini disuplai PT Sinar Ratte dan PT HM. Yunus Kadir.

Selain itu jelas Camat, tujuan operasi pasar ini juga untuk mengantisipasi rumor yang berkembang di masyarakat yang mengatakan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Pongtiku terjadinya kelangkaan gas LPG. Menurutnya, yang terjadi hanyalah terkendala di distribusi dari Palopo ke Toraja yang disebabkan faktor alam atau cuaca.

Sedangkan terkait harga untuk distribusi atau penjualan di masing-masing kecamatan disesuaikan dengan SK Bupati dengan harga pertabung 3 kg Rp21 ribu.

Sementara, pengelola PT Sinar Ratte yang juga agen LPG Matius Lati menerangkan bahwa, tabung gas LPG 3 kg yang dijual kepada masyarakat hanya Rp.21 ribu per tabung dan satu KK mendapat 2 tabung, 3 kg.

Masyarakat hanya perlu membawa fotocopi KTP dan KK dengan uang tunai Rp21 ribu kalau 2 tabung Rp42 ribu. “Soal KTP, tidak masalah kalau bukan warga Toraja Utara,” ungkapnya.

Matius menjelaskan, masyarakat sudah berkumpul sejak pukul 06.00 Wita pagi dan memadati lokasi operasi pasar murah.

Sekadar diketahui, ini jadwal pasar murah tabung LPG 3 Kg.

 

 

Pewarta: Yustus
Editor : Asmail Tutu