Hindari Kecurangan Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Kepulauan Tanimbar Sambangi SPBU Berikan Imbauan

Uncategorized58 Dilihat

 

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam menyambut pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H Tahun 2024, Polres Kepulauan Tanimbar melalui Satuan Binmas mengambil langkah preventif dengan meningkatkan pengawasan pada SPBU yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (30/03/24).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU dan didampingi KBO Sat Binmas Ipda DWI SANDI KURNIAWAN bersama Personel ini bertujuan untuk melakukan kontrol ke tandon Stock BBM yang ada pada SPBU hingga memberikan Imbauan guna menghindari Praktek kecurangan yang berdampak dapat merugikan konsumen atau Masyarakat.

Upaya ini direspon setelah adanya laporan tindak pidana dan praktik kecurangan pada SPBU di beberapa wilayah, termasuk diantaranya kejadian BBM yang dicampur dengan air. Tentunya Polres Kepulauan Tanimbar mengambil langkah startegis untuk dapat mengantisipasi masalah tersebut.

Dalam kunjungannya bersama Personel, para operator SPBU pun diimbau oleh Kasat Binmas agar dapat melayani Masyarakat sesuai dengan SOP dan aturan-aturan yang telah ditetapkan terkait dengan pendistribusian BBM. Ia menyarankan agar tidak melayani pengisian BBM dengan menggunakan Jerigen khsususnya BBM yang bersubsidi guna menghindari terjadinya kekurangan Stok BBM hingga adanya penimbunan.

“Khususnya pada momen mudik lebaran ini, ketersediaan BBM tentunya sangat diperlukan untuk aktivitas mudik, sehingga diharapkan agar saudara-saudari sekalian dapat bertugas sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku demi mencegah terjadinya kekurangan Stok BBM baik itu kepada para Pemudik maupun Masyarakat pada umumnya” imbau Kasat.

Lebih lanjut Kasat Binmas menyampaikan agar Masyarakat selalu mendapatkan pelayanan yang prima dan mengharapkan tidak terjadinya praktik kecurangan BBM yang dicampur dengan bahan lainnya seperti halnya yang saat ini sedang viral terjadi di Bekasi terkait dengan kasus BBM dicampur dengan air. Dirinya berharap agar hal tersebut tidak terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Selain itu, Kasat Binmas pun mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas di sekitaran area SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang bisa berpotensi menimbulkan terjadinya keributan hingga terjadinya gangguan Kamtibmas.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI mengatakan bahwa langkah ini diambil untuk menjamin keamanan segala aktivitas di area SPBU serta memastikan ketersediaan Stok BBM dan menghindari terjadinya praktik kecurangan yang dapat mengganggu stabilitas situasi keamanan khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

“Sejauh ini kondisi situasi Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah berjalan kondusif, sehingga Kami berharap kondisi yang telah berjalan kondusif ini dapat terus terjaga hingga Lebaran tiba dan seterusnya. Terima kasih kepada Masyarakat yang telah mendukung upaya kami” ungkapnya.

Lewat kegiatan ini, Polres Kepulauan Tanimbar akan terus berupaya menunjukan komitmen dalam memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah Masyarakat dengan mengajak semua pihak, terutama pengelola SPBU, untuk berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan situasi yang kondusif dan pelayanan yang berkualitas kepada Masyarakat.(joko)