Sejumlah Personel TNI Polri Di Kepulauan Tanimbar Dikerahkan Amankan Pawai Obor Malam Takbiran

Uncategorized65 Dilihat

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar menyiagakan sejumlah Personel gabungan TNI-Polri untuk melaksanakan pengamanan kegiatan Pawai Obor Malam Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (09/04/24) malam.

Kegiatan takbiran yang diikuti oleh umat muslim dari berbagai kalangan sebagai bagian dari tradisi menyambut Idul Fitri setiap tahunnya ini, mendapatkan pengawalan ketat dari Aparat gabungan TNI-Polri hingga melibatkan Pramuka Saka Bhayangkara.

Tak hanya Umat Muslim saja yang merayakan, namun suasana Pawai Obor Malam Takbiran terasa semakin meriah dengan kehadiran para Pemuda Katholik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang menunjukan bahwa Toleransi antar Umat Beragama Kabupaten Kepulauan Tanimbar terjalin dengan baik.

Pelaksanaan Takbir keliling ini diawali dengan sambutan dari Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan dilanjutkan dengan Sambutan dari Plt. Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar sekaligus pelepasan jalannya Pawai Obor Malam Takbiran.

Adapun Rute Pawai Obor Malam Takbiran ini dimulai dari depan Masjid An-Nur Saumlaki melewati sepanjang Jalan Mathilda Batlayeri dan kemudian berakhir pada Masjid Baiturahman Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI mengatakan bahwa Pengamanan dan pengawalan kegiatan Pawai Obor Malam Takbiran ini dilaksanakan oleh Personel gabungan TNI-Polri serta melibatkan Pramuka Saka Bhayangkara dalam rangkaian pelaksanaan Operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024.

“Kegiatan ini tentunya merupakan langkah strategis dalam menjaga keamanan dan kelancaran selama malam takbiran berlangsung hingga selesai, sekaligus sebagai upaya antisipasi terhadap gangguan Kamtibmas” ungkapnya.

Kasi Humas menjelaskan, dalam pelaksanaannya Personel gabungan mengawal rombongan takbiran hingga melakukan penjagaan di beberapa titik persimpangan dan lokasi rawan kecelakaan, mulai dari lokasi pelepasan sampai dengan berakhirnya kegiatan.

Lebih lanjut, Iptu OLOF BATLAYERI mengungkapkan bahwa sukses dan lancarnya pelaksanaaan kegiatan Pawai Obor pada Malam Takbiran yang dilakukan sambil keliling berjalan kaki tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh elemen Masyarakat.(E.M)