Sambangi Tokoh Agama, Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Sampaikan Imbauan Dan Pesan Kamtibmas

Uncategorized90 Dilihat

 

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Guna terciptanya situasi Kamtibmas yang aman, sejuk dan damai, Satuan Binmas Polres Kepulauan Tanimbar terus berupaya untuk memberikan Imbauan dan pesan Kamtibmas salah satunya dengan menyambangi Tokoh Agama.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU tersebut didampingi oleh KBO Sat Binmas Ipda DWI SANDI KURNIAWAN dan Personel Sat Binmas, dengan melaksanakan kunjungan ke Wakil Uskup Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya PONSIO ONGIRWALU, Pr., bertempat di Pastoran HKY Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (07/05/24).

Selain sebagai sarana untuk menyampaikan Imbauan Kamtibmas kepada Tokoh Agama terkait perkembangan situasi Kamtibmas, kegiatan ini juga dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk dapat lebih mempererat hubungan silahturahim antara Polri dengan Para Tokoh Agama.

Nampak terlihat Kasat bersama Personel Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar melakukan dialog aktif dengan keakraban dan penuh kebersamaan dengan Wakil Uskup Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD).

Pada kesempatan itu, Kasat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar Iptu J. SAMPONU menghimbau sekaligus meminta kepada Tokoh Agama bahwa ketika dalam pelaksanaan mimbar Gereja agar dapat menyampaikan dan mengajak seluruh Umat agar bersama bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Kepulauan Tanimbar dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

“Sehingga untuk dapat menindaklanjuti hal itu, Kami selaku Anggota Polri memohon dukungan kepada para Tokoh Agama khususnya Bapak Wakil Uskup, untuk dapat mengajak seluruh Umat agar bisa menjaga Kondusifitas bersama-sama” ungkapnya.

Selain itu, Kasat pun mengajak agar Tokoh Agama dapat menghimbau kepada Umat yang memiliki tanah berlokasi di jalan poros agar jangan main hakim sendiri, serta jangan lagi melakukan pemalangan jalan karena hal itu dapat mengganggu aktifitas umum.

“Olehnya itu, diharapkan dapat memberikan Imbauan kepada Masyarakat yang merasa dirugikan agar dapat menempuh jalur hukum” sambungnya.

Lebih lanjut Kasat pun memohon dukungan dari Tokoh Agama agar menjelang Pilkada ini diharapkan selalu dan senantiasa dalam mimbar gereja bisa menyampaikan kepada Umat agar hindari setiap permasalahan yang dapat memicu konflik, Tidak mudah percaya berita bohong ( Hoax ) serta saling menghargai perbedaan pendapat dan menjaga keharmonisan antar Warga.

Wakil Uskup pun menyambut Positif kehadiran Anggota Sat Binmas Polres Kepulauan Tanimbar yang telah memberikan Imbauan dan pesan Kamtibmas. Menurutnya terkait dengan Kamtibmas terpantau aman di Paroki HKY Olilit Barat, karena selama dirinya bertugas di Stasi atau Paroki ini banyak kejadian tindak pidana yang terjadi namun Ia merespon dengan memerintahkan LC Paroki untuk berpatroli pada jam rawan, dan ketika ditemukan maka dibawah ke Kantor untuk bisa dibina dan setelah itu pada saat ibadah minggu dirinya langsung mengumumkan namanya didepan Umat.

Tak hanya itu, berkaitan dengan akan dilakukan pemalangan jalan oleh oknum masyarakat Desa Olilit Barat jelasnya dalam pertemuan dirinya sudah pernah menyampaikan bahwa tanah tersebut adalah merupakan milik Negara, sehingga alangkah baiknya dilakukan koordinasi yang baik bersama Pemerintah Daerah agar Masyarakat tidak dirugikan.

“Melalui Imbauan kamtibmas, jelasnya kami selalu membantu pihak Kepolisian dalam menjaga kamtibmas agar selalu aman. Kedepan kami akan lakukan koordinasi terkait dengan pelatihan LC Patroli kami, sehingga mohon kerja samanya” tutupnya.(JK)