Sekilas tentang Credit Union, CUSS Mau Gelar Edukasi Dasar Bagi Anggota: Manager TP Saluampak Bilang Ini Wajib Diikuti

Uncategorized2114 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | TORAJA – Sebagai pengenalan singkat, Credit Union (CU) merupakan salah satu jenis koperasi di dunia yang dikenal luas mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui layanan keuangan, seperti tabungan, pinjaman, transfer, asuransi mikro, dan produk keuangan lainnya.

Awalnya, Credit Union (CU) berkembang di Jerman sebagai salah satu solusi mengatasi kemiskinan dengan mengandalkan prinsip-prinsip pemberdayaan. Selanjutnya, CU terus berkembang di Eropa, Amerika dan Asia hingga jumlahnya saat ini mencapai ratusan ribu CU di seluruh dunia.

” Dalam konteks Indonesia, CU merupakan koperasi Indonesia yang mampu beroperasi secara mandiri dan terus berkembang di tengah banyaknya fenomena koperasi bermasalah dan pembubaran koperasi di Indonesia. Melalui aktivitas layanan keuangan dan pemberdayaannya, CU Sauan Sibarrung yang kantor pusatnya berkedudukan di Kabupaten Tana Toraja, Kecamatan Makale Utara di Mandetek dikenal mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemerataan ekonomi. CUSS memiliki perkembangan yang dinamis dan sementara punya Kantor Tempat Pelayanan (TP) yang berjumlah 14 TP yakni, di Luwu Raya ada TP Padang Sappa, Palopo, Saluampak, Bone-Bone dan TP CUSS Rante Tiku, ada di TP Pare-Pare dan di Toraja TP Mengkendek, Makale, Sangalla, Rembon, Rantetayo, Sanggalangi, Rantepao dan TP Deri. Semuanya berada di Provinsi Sulawesi Selatan,” terang Gusty Walesa Pasa’ti, S.Psi Manager TP Saluampak CUSS.

Manfaat ber-CU: Bukan Hanya Semata Financial

Banyak orang berpandangan bahwa, manfaat bergabung dengan Credit Union berupa manfaat financial, dimana kita bisa memperoleh akses layanan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan menguntungkan.

Dalam konteks tabungan lanjut Gusti panggilan akrab Manager TP Saluampak CUSS, banyak CU yang memberikan tingkat bunga relatif lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan konvensional.

” Hal ini tentu menguntungkan bagi masyarakat yang tidak terlalu berani mengambil risiko keuangan, namun memiliki dana lebih. Sementara itu, jika bukan bunga yang tinggi, CU menawarkan tingkat bunga pinjaman yang lebih rendah serta prosedur pinjaman yang lebih mudah dibandingkan lembaga keuangan konvensional. Hal ini tentunya sangat menarik bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan usahanya, baik kebutuhan untuk mendanai usaha maupun kebutuhan konsumtif keluarganya,” tambahnya.

Selain itu, berbeda dengan lembaga keuangan umum, laba dari credit union akan dibagikan kepada anggota sesuai dengan partisipasi anggota. Laba ini bisa dibagikan dalam bentuk sisa hasil usaha, ataupun bisa dibagikan dalam bentuk lainnya. Misalnya pelayanan atau produk yang lebih beragam, bunga simpanan yang lebih tinggi.

“Selain itu, menjadi sangayoka atau aktivis serta pande berarti juga memiliki akses yang lebih dekat dengan pengambilan keputusan organisasi. Hal ini karena aktivis atau sangayoka banyak dilibatkan dalam forum-forum pertemuan dan kegiatan pengambilan keputusan bersama pengelola Credit Union.

Kiranya informasi mengenai sejumlah manfaat tersebut menjadi sarana bagi kita ataupun orang-orang yang ada di sekitar kita dalam membuat pilihan rasional untuk terlibat dalam credit union, baik sebagai anggota maupun sebagai sangayoka/aktivis.

Semoga sekilas CU ini semakin menyadarkan kita bahwa, bergabung dengan CU menjanjikan manfaat yang tak hanya finansial semata dan untuk edukasi dasar akan dilaksanakan lagi diteritori Pangalli Desa Dandang pada Senin 13 – Selasa 14 Mei 2024 dan dilanjutkan Pendidikan Financial Literasy (FL) bagi yang sudah anggota pada tanggal 21 sampai 22 Mei 2024.

Sekadar diketahui pada bulan April 2024 tanggal 12-13 April sudah dilaksanakan edukasi dasar di teritori Pangalli, Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara denfan jumlah 38 orang.

 

Pewarta : Yustus
Editor : Asmail Tutu