JAM-Intelijen Prof. Dr. Reda Manthovani: “Rotasi Pejabat Baru di Lingkungan JAM INTEL Sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan dan Menghindari Stagnansi dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi”

Uncategorized384 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | JAKARTA, – Rabu 29 Mei 2024 bertempat di Lantai 22 Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Prof. Dr. Reda Manthovani memberikan sambutan serta melantik, mengambil sumpah, dan menyaksikan serah terima jabatan Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM INTEL).

Mengawali sambutannya, JAM-Intelijen menyampaikan bahwa proses pelantikan Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan JAM INTEL merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan mata rantai penggerak roda organisasi yang terus berputar, tidak terputus, solid, utuh, saling mendukung dan saling melengkapi.
“Prosesi ini merupakan wujud komitmen untuk memberi penyegaran pada perputaran roda organisasi Kejaksaan, yang tidak hanya mengacu pada mekanisme tour of duty maupun tour of area semata, akan tetapi dilaksanakan atas dasar penilaian objektif kepada pejabat baru sesuai kebutuhan organisasi saat ini,” imbuh JAM-Intelijen.
Menurut JAM-Intel, prosesi pelantikan ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama sebagai upaya untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan secara utuh dan menyeluruh, terutama ditujukan dalam rangka menghindari segala bentuk stagnansi dan kesenjangan operasional yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.
Oleh karenanya, JAM-Intelijen berharap melalui pelantikan pejabat baru ini dapat memberikan implikasi yang positif bagi keterpaduan gerak roda perputaran organisasi menuju arah dan tujuan yang telah ditetapkan sesuai harapan kita bersama.
“Estafet kepemimpinan akan senantiasa bergulir, dan untuk itu keputusan rotasi dan promosi ini tentunya haruslah dapat dimaknai sebagai trigger bagi saudara-saudara sebagai insan Adhyaksa terpilih untuk terus meningkatkan kualitas diri, kapabilitas, serta wawasan dengan diiringi peningkatan integritas moral sebagai pengabdi dan pengayom hukum yang bermartabat dan beretika,” imbuh JAM-Intelijen.
JAM-Intelijen juga menyampaikan bahwa program-program kerja bidang Intelijen sangatlah luas, yakni di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Pertahanan dan Keamanan. Berangkat dari sebuah kesadaran bahwa jajaran Intelijen Kejaksaan sebagai pendukung (supporting) utama, memainkan peran penting dalam menyukseskan program seluruh bidang, maupun tugas pokok, fungsi dan wewenang Kejaksaan pada umumnya, khususnya mendukung keberhasilan operasi yustisi penegakan hukum.
“Intelijen kejaksaan selaku penyelenggara intelijen penegakan hukum harus memberikan kontribusi dalam mengantisipasi, memprediksi, dan mengatasi berbagai tantangan serta hambatan dalam dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambah JAM-Intelijen.
Pada kesempatan ini, JAM-Intelijen menyampaikan beberapa hal kepada pejabat baru di lingkungan JAM INTEL untuk dicermati dan dilaksanakan, yakni sebagai berikut:
Untuk senantiasa mengembangkan pengetahuan dan mencari berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan performa pelaksanaan tugas dan fungsi kita khususnya sebagai penyelenggara intelijen penegakan hukum.
Segera melakukan update, identifikasi dan penyelesaian berbagai persoalan di tempat penugasan baru masing-masing.
Ciptakan suasana kerja yang kondusif dengan menjaga keharmonisan, kekompakan, serta dukungan dari jajaran kerja yang berada di bawah kepemimpinan saudara, agar tetap selaras dengan visi dan misi Kejaksaan.
Curahkan segenap kemampuan, pengetahuan dan pengalaman saudara serta tumbuhkan budaya kerja keras ditempat tugas saudara.
Bersiap untuk menyesuaikan diri dalam perkembangan teknologi informasi yang semakin modern dan kompleks agar dapat menunjang kinerja secara optimal.
Wujudkan tugas dan fungsi sebagai penyelenggara intelijen penegakan hukum secara profesional dan bermartabat dengan menjaga integritas dan menghindari perbuatan tercela dalam pelaksanaan tugas.
Berikut daftar pejabat yang dilantik pada Rabu 29 Mei 2024 di lingkungan JAM INTEL, yaitu:
Zullikar Tanjung, S.H., M.H. sebagai Koordinator pada JAM INTEL.
Taufan Zakaria, S.H., M.H. sebagai Koordinator pada JAM INTEL.
I Putu Gede Astawa., M.H. sebagai Koordinator pada JAM INTEL.
Yuliana Sagala, S.H., M.H. sebagai Koordinator pada JAM INTEL.
Dr. Dwi Antoro, S.H., M.H. sebagai Koordinator pada JAM INTEL.
Mhd. Fatria, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Pertahanan dan Keamanan pada Direktorat A.
Damrah Muin, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Ideologi pada Direktorat A.
Yulius Sigit Kristanto, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Aliran Keagamaan serta Pencegahan Penyalahgunaan dan Penodaan Agama pada Direktorat B.
Agus Riyanto, S.H. sebagai Kepala Subdirektorat Budaya dan Kemasyarakatan pada Direktorat B.
Luhur Istighfar, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Subdirektorat Investasi dan Penerimaan Negara pada Direktorat C.
Zuhandi, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Sumber Daya Alam dan Agraria/Tata Ruang pada Direktorat C.
Khaidir, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Pengamanan Informasi pada Direktorat E.
Nislianudin, S.H., M.H. sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Sumber Daya Teknologi Informasi pada Direktorat E.
Dr. Ismaya Hera Wardanie, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Bidang Penerangan dan Penyuluhan Hukum pada Pusat Penerangan Hukum.
Agus Kurniawan, S.H., M.H. sebagai Kepala Bidang Hubungan Media dan Kehumasan pada Pusat Penerangan Hukum.
Mengakhiri sambutannya, JAM-Intelijen mengucapkan selamat kepada pejabat di lingkungan JAM INTEL yakni para Koordinator, para Kasubdit, dan para Kabid yang baru saja dilantik. JAM-Intelijen meyakini penempatan pejabat yang baru akan semakin memberikan manfaat bagi terwujudnya Kejaksaan yang profesional, modern, bermartabat, dan terpercaya. (K.3.3.1)

Jakarta, 29 Mei 2024
KEPALA PUSAT PENERANGAN HUKUM

Dr. KETUT SUMEDANA

Pewarta : Arif prihatin