Mahkamah Agung Menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas

Uncategorized472 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | JAKARTA, Kamis 13 Juni 2024,– Mahkamah Agung bekerja sama dengan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas dengan tema “Transformasi Digital Penanganan Perkara di Mahkamah Agung”, berlangsung secara hybrid pada Rabu, 12 Juni 2024 di Hotel Santika, Gubeng Surabaya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung ini dilaksanakan dalam rangka menyosialisasikan transformasi digital layanan penanganan perkara..

Forum Tematik Bakohumas dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, S. Sos., M.Si. selaku Ketua Umum Bakohumas.

Dalam sambutannya Usman menyampaikan, Mahkamah Agung sebagai epicentrum of justice, senantiasa telah meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Lebih lanjut mantan wartawan ini mengatakan, Mahkamah Agung telah melakukan transformasi digital dalam semua aspek yang berkaitan dengan administrasi dan teknis peradilan agar semakin memudahkan masyarakat pencari keadilan dalam mengakses pengadilan, diantaranya peradilan elektronik (e-court) dan e-Berpadu. Melalui dua aplikasi ini masyarakat semakin dimudahkan mengakses keadilan kapan saja, di mana saja, dan berbiaya terjangkau.

Dirinya menambahkan, sebagai wujud nyata kita sebagai anggota Bakohumas, setelah mengikuti forum ini, Saya menghimbau kepada peserta sekalian untuk menyebarkan secara luas dan masif informasi yang dipaparkan oleh para narasumber dan konten yang disediakan oleh Mahkamah Agung kepada pemangku kepentingan, melalui berbagai kanal yang dimiliki masing-masing kementerian/Lembaga.

Sementara itu Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia dengan berbagai informasi terkait kebijakan Mahkamah Agung khususnya mengenai Pemberlakuan Pengajuan Upaya Hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali Secara Elektronik.

Kegiatan ini dikuti oleh 70 peserta, yang berasal dari Humas berbagai Kementrian/Lembaga seluruh Indonesia, di antaranya yaitu Mahkamah Konstitusi, Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kepolisian RI, Sekretariat Kabinet, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemenko PMK, Kemenko Marves, Kementerian Kemaritiman dan Investasi, Kementerain Sosial, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, Dinas
Komunikasi dan Informatika, TVRI, BP Batam, BNPT, BPKP, PT. Sucofindo, BKKBN, Setjen DPN Korpri, Dinas Kominfo Jawa Tengah, Dinas Kominfo Surabaya, BNPP, Bapennas, dan lain-lain.

Hadir sebagai narasumber, Panitera Mahkamah Agung, Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum. dan Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas, Dr. Riki Perdana Raya Waruwu, S.H., M.H. dengan moderator, Fungsional Penerjemah Muda Mahkamah Agung, Nur Azizah, S.S.

Acara ini dihadiri Plt. Sekretaris Jenderal MPR RI, Siti Fauziah SE, MM, para Kepala Biro Humas Kementerian/Lembaga serta undangan lainnya.

Sumber : Humas MA

Pewarta : Arif prihatin