Gempabumi Tektonik M4,8 Dirasakan Di Kaur-Bengkulu

Uncategorized237 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | BENGKULU, – Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 22:31:03 WIB, wilayah KAUR-BENGKULU dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 4.89 LS dan 103.02 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km BaratDaya KAUR-BENGKULU pada kedalaman 30 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia..

Dampak Gempabumi:
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat dan Lampung Barat dengan Skala Intensitas III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*, Di Bengkulu Selatan dan Kaur dengan Skala Intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Gempabumi Susulan:
Hingga pukul 23:01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Sumber : DARYONO BMKG

Pewarta : Arif prihatin