LOUCHING DAN BEDAH BUKU BUTTA KAGURUANG BERSAMA DR SAMPARA HALIK

Uncategorized738 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA JENEPONTO — Pemerintah Desa Bulusibatang BPD bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat melangsungkan Launching dan Bedah Buku karya Dr Sampara Halik yang berjudul Butta Kagurunag , Barobbo Bulusibatang Dulu Kini dan Nanti Kamis, 26/06/2024 di aula Kantor Desa Bulusibatang . Hadir memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Desa Bulusibatang, Ketua BPD Desa Bulusibatang , Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Azis DDI Barobbo, bersama Tokoh Masyarakat

Kepala Desa Bulusibatang Faisal wahidin. menyampaikan bahwa Buku ini fenomenal lantaran tidak banyak desa di Kabupaten Jeneponto, boleh jadi desa di seluruh Nusantara, yang mempunyai buku sejarah dan progres desanya. Maka, tidak heran jika buku ini sangat diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran bagi generasi sekarang dan yang akan datang, guna memahami sejarah, potensi desa, dan pandangan atau petuah dari tokoh-tokoh Barobbo-Desa Bulusibatang pada masa lalu.

Tentu kita dapat memetik pelajaran yang amat berharga dari sejarah. Dari sejarah kita dapat mengetahui bagaimana perbedaan, pertentangan, dan pertukaran pikiran para pendahulu kita telah mengantar Barobbo-Bulusibatang ke gerbang kemajuan. Melalui dinamika itulah kita banyak belajar bagaimana toleransi dan keterbukaan para pendahulu kita, pendiri Barobbo-Desa Bulusibatang, dapat menerima perbedaan pendapat, bahkan kritik tajam sekalipun. Dari sejarah pula kita dapat berkaca

betapa kuat keinginan dan semangat para pendahulu kita untuk bersatu, akbulosibatang, accera sitongka-tongka, sehingga perbedaan itu tidak menimbulkan masalah bagi mereka. Perbedaan pendapat itu disikapi dengan arif, sabar, dan hati-hati.

Sementara itu Ketua BPD Bulusibatang Sampara Tumpu menyampaikan
Buku Butta Kaguruang: Barobbo- Bulusibatang Dulu, Kini, dan Nanti ini patut kita sambut gembira. Buku ini ditulis Dr. Sampara Halik, putra Bulusibatang. Hal ini membuktikan bahwa putra Bulusibatang hadir dalam berbagai dimensi kehidupan, tidak terkecuali dimensi spiritual, keilmuan, dan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kami yakin, buku ini disusun dengan tujuan memberikan gambaran yang komprehensif tentang sejarah Barobbo dan Bulusibatang, sekaligus menyajikan potret kemajuan yang telah dicapai sejak dulu, kondisi hari ini, dan visi masa depannya. Khususnya, lebih pembangunan di bidang agama yang membuat tanah Barobbo Desa Bulusibatang dikenal sebagai Butta Kaguruang.

Maka dari itu, buku ini penting dan menarik untuk dibaca oleh masyarakat, terutama generasi muda Bulusibatang. Bahkan, oleh siapa saja yang ingin tahu tentang Bulusibatang. Buku ini lengkap. Isinya mengulas sejarah masa lalu, keadaan masa sekarang, dan akan ke mana Bulusibatang pada masa mendatang. Dengan demikian, buku ini dapat memberikan semangat positif untuk kemajuan Barobbo-Bulusibatang.

Sementara itu Tokoh Agama yang di wakili Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Azis DDI Barobbo Rustang Halik, MA, menyampaikan bahwa Syukur tiada terhingga ke khadirat Allah Swt. Atas berkah dan karunia-Nya, sebuah buku fenomenal rampung ditulis dan diterbitkan. Butta Kaguruang: Barobbo- Bulusibatang Dulu, Kini, dan Nanti. Buku ini ditulis oleh Dr. Sampara Halik, putra terbaik Butta Kaguruang Barobbo.

Kreativitas seperti inilah yang sangat diharapkan di dalam membangun Desa Bulusibatang. Kita tidak mengharapkan seseorang yang sibuk menumpuk banyak teori, melontarkan banyak protes, dan menggaungkan banyak cerita kosong, tetapi tidak mampu mengaktualisasikan teori-teori itu, tidak mampu berkarya, dan tidak kuasa menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat. Apalah arti konsep dan teori yang bagus, tetapi tidak ada bukti dalam kehidupan sehari- hari.

Tanah kelahiran kita, Bulusibatang, membutuhkan kehadiran warga yang masing-masing dapat berkarya. Mau besar mau kecil, entah selintas entah lama,

sumbangsih kreativitas warga Bulusibatang niscaya akan menopang desa tercinta ini pada masa yang akan datang. Hanya dengan begitulah desa ini dapat menjadi desar yang maju, besar, dan mandiri.

Penulis Buku Dr, S
Editor Asmail Tutu