BNPB Gelar Uji Petik Pedoman Sosialisasi Penanggulangan Bencana

Uncategorized343 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | LOMBOK, – 02 Juli 2024 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Uji Petik Pedoman Sosialisasi Penanggulangan Bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Rabu (26/6).

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pengenalan konsep dasar penanggulangan bencana, protokol aksi antisipasi dalam siaga darurat serta diseminasi melalui media sosial.

Sebanyak 60 peserta dari perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Non Governmental Organization (NGO) termasuk pelibatan teman tuli selaku perwakilan kelompok disabilitas dan BPBD Kabupaten Lombok Barat turut dibekali materi langkah-langkah sosialisasi penanggulangan bencana yang efektif melalui poster kreatif serta diimplementasikan secara langsung dengan pemasangan poster di Kantor Desa Kuripan Selatan dan SD 48 Cakranegara Kota Mataram.

Selain itu, Direktorat Mitigasi Bencana BNPB bersama BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat dan BPBD Kabupaten Lombok Barat melakukan reviu untuk memperoleh masukan terhadap pedoman sosialisasi agar sesuai kondisi dan adaptif dengan potensi bencana di daerah.

Pada tahun 2024, Direktorat Mitigasi Bencana BNPB melakukan penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dalam bentuk Pedoman Sosialisasi Penanggulangan Bencana.

Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait berbagai bentuk pelaksanaan sosialisasi kebencanaan di daerah.

Diharapkan pedoman ini dapat digunakan pemerintah daerah dalam memenuhi amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 101 Tahun 2018 tentang Standar Teknis dan Standar Pelayanan Minimal pada bagian Jenis Pelayanan Informasi Bencana.

Pewarta : Arif prihatin