SATYA BHAYANGKARA-JENEPONTO
— Sebagai bagian integral dari pelaksanaan Misi Turatea SIPAKAADA’ menuju pencapaian Visi Jeneponto Bahagia, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Jeneponto terus menunjukkan komitmennya dalam mempercepat transformasi digital. (17/6/2025)
Salah satu upaya yang dilakukan dengan terus menghadirkan layanan akses internet gratis untuk masyarakat di berbagai titik publik, dan memperluas jangkauan layanan akses intranet antar perangkat daerah dalam membangun konektivitas bagi aparatur pemerintah daerah.
Menciptakan ekosistem digital yang komprehensif, mendukung efisiensi birokrasi, serta memberdayakan masyarakat dengan akses informasi yang lebih luas, menjadi sasaran dari layanan ini.
Perluasan akses internet dan intranet yang terpusat di Jeneponto Command Center (JCC) untuk masyarakat dan perangkat daerah ini terus digulirkan.
Progres di tahun 2025 ini layanan akses internet dan intranet Dinas Kominfo telah menjangkau 34 Perangkat Daerah, 1 Rumah Sakit, 1 Kantor Kecamatan, 2 Puskesmas, 2 kantor Kelurahan, dan 2 Gedung pertemuan.
Sementara WiFi Gratis di area publik telah tersedia di Lapangan Passamaturukang, Halaman kantor Dinas Kominfo, Halaman Kantor Bupati, Halaman Masjid Agung Jeneponto, dan di halaman kantor sentra pelayanan kepolisian terpadu.
“Layanan WiFi Gratis ini tentunya untuk memudahkan warga dalam mendapatkan akses internet, agar semakin bahagia,” ungkap Kadis Kominfo, Sulaeman.
Sementara layanan intranet untuk menghubungkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja lainnya, serta memungkinkan pertukaran data yang aman, komunikasi internal yang efisien, serta mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
“Kami menyadari bahwa aksesibilitas internet dan intranet adalah tulang punggung pembangunan digital,”.
“Dengan perluasan ini, kami tidak hanya memberdayakan masyarakat dengan informasi, tetapi juga meningkatkan kapasitas dan produktivitas aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga Jeneponto,” ujarnya.
“Jaringan intranet yang kuat akan menjadi fondasi bagi terciptanya birokrasi yang efektif, transparan, dan responsif dan pelayanan publik yang mudah, cepat dan berkualitas,” tambahnya.
Program ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
Narasumber.Irsan Hb
Pewarta.Basri