Festival Game Terbesar Indonesia, IGX 2025, Siap Gelar Puncak Akbar di Jakarta

News11 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | JAKARTA, – Menyusul kesuksesan rangkaian roadshow di empat kota sebelumnya, festival game dan teknologi terbesar di Indonesia, Indonesia Game Experience (IGX) 2025, kini bersiap menggelar puncak acara yang lebih monumental di Gajah Mada Plaza, Jakarta pada 20-23 November 2025 mendatang. Pembukaan resmi akan dilaksanakan pada Kamis, 20 November 2025 pukul 10.30 WIB di Atrium Utama Gajah Mada Plaza.

Gelaran ini merupakan bagian dari roadshow nasional yang menjangkau lima kota besar: Tangerang, Surabaya, Semarang, Bandung, dan berakhir dengan puncak spektakuler di Jakarta. IGX 2025 tidak hanya menjadi wadah bagi komunitas gaming, tetapi juga platform strategis untuk memacu pertumbuhan ekonomi digital, pendidikan teknologi, dan pelestarian budaya.

IGX 2025 Jakarta menghadirkan kolaborasi spektakuler yang memadukan dunia game, e-sports, teknologi digital, dan kekayaan budaya Nusantara. Acara pembukaan akan dimeriahkan oleh pertunjukan angklung dan tarian kolaborasi digital dan tradisional yang menjembatani masa lalu dan masa depan.

Memasuki era baru hiburan digital, IGX 2025 menghadirkan rangkaian kompetisi esports bergengsi yang siap memacu adrenalin. Sebanyak 1.500+ gamer akan bertanding dalam berbagai kategori permainan ternama termasuk Mobile Legends, Free Fire, dan Counter Strike dengan total hadiah mencapai Rp 50 juta. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini dapat diikuti secara gratis melalui pendaftaran di platform resmi IGX.

Tentunya digelar pula pameran Teknologi & Gaming Gear, dengan peserta lebih dari 20 brand IT ternama (Samsung, Acer, Hyte, Cube Sades, Telkomsel) memamerkan produk terbaru, termasuk terdapat Zona VR/AR & Edu-Tech yang bisa dicoba secara langsung.

Disamping itu digelar pula kegiatan budaya & UMKM, yang melibatkan UMKM lokal yang akan turut serta dalam Bazaar Budaya. Terdapat juga kegiatan Cosplay Performance & Komunitas Kreatif dengan lebih dari 50 penampilan.

Serangkaian sambutan akan disampaikan oleh para tokoh kunci industri dan pemerintah:
* Ir. Soegiharto Santoso, S.H. (Ketua Umum DPP APTIKNAS; Ketua Dewan Pengawas AGKDI)
* Kasumi Liao (Manager of TAIWAN TRADE CENTER Jakarta)
* Andi Mulja Tanudiredja (PT Masterdata Digital Cyberindo; Dewan Pengawas AGKDI)
* Fanky Christian (Sekretaris Jenderal APTIKNAS; Kepala Bidang IT & Infrastruktur AGKDI)
* KRA Rivo Cahyono Setyonegoro (Ketua Yayasan Ethnic Indonesia Berbagi; Kepala Bidang Digitalisasi Kebudayaan AGKDI)
* Khairil Irfan (General Manager Mobile Consumer Business Telkomsel)
* Pahala Situmeang (Direktur Mall Gajah Mada Plaza)

Acara kemudian akan secara resmi dibuka oleh Andi Syamsu Rijal, S.S., M.Hum., Direktur Pengembangan Budaya Digital, Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada sesi siang hari akan diselenggarakan FORUM GAME DISCUSSIONS bertajuk “Empowering Indonesia Game Ecosystem: Beyond Entertainment, Game as Innovation, Culture, and Technology”.

Forum ini akan membahas topik-topik strategis termasuk: Creative Storytelling in Game Design, From Prototype to Publish, Cultural Gamification, Monetization & Market Strategy, AI & Future Tech in Game Development.

Forum ini akan menghadirkan para pembicara ternama dari berbagai latar belakang, antara lain:
* Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc – Direktur Fasilitas dan Prasarana Kebudayaan, Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia
* Jhonsen Lim – Head of Game Division MNC Digital
* Syarief Syarfuan – CEO Spirit45 Studio
* Vincent Suriadinata, SH., MH. – Mustika Raja Law Office
* Michael Edward – Country Representative Giga Computing Indonesia
* Ridwan Fariz – AMD Technical Marketing Manager
* Andika Cahyadi – LCD Monitor Product Specialist Samsung Indonesia
* Malvino Sukamto – Seagate Product Spesialist

Sebagai bagian dari rangkaian acara, pada Jumat, 21 November 2025 pukul 18.00 – 21.00 WIB, akan diselenggarakan pula Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) APKOMINDO 2025. Pertemuan strategis yang mengusung agenda “Mengaktifkan Kembali Kegiatan APKOMINDO di Seluruh DPD-DPD” ini akan diselenggarakan secara hybrid dan dapat diikuti oleh publik melalui siaran langsung di channel YouTube resmi APKOMINDO.

Ir. Soegiharto Santoso, S.H., selaku Ketua Umum APTIKNAS menyatakan, “IGX 2025 adalah bukti nyata kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan komunitas dalam membangun ekosistem digital Indonesia. Di era digital ini, yang unggul bukan yang paling besar, tapi yang paling cepat berinovasi dan mampu berkolaborasi. Melalui roadshow nasional ini, kami tidak hanya mempromosikan industri game, tetapi juga mendorong akselerasi transformasi digital di sektor pendidikan, pemerintahan, dan UMKM.”

Lebih lanjut, Hoky – sapaan akrab Soegiharto Santoso yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APKOMINDO dan Sekretaris Jenderal PERATIN – menekankan pentingnya integrasi antara teknologi dan budaya. “Kami percaya bahwa teknologi adalah alat, sementara budaya adalah jiwa. Jika digabungkan, keduanya akan menjadi kekuatan bangsa yang tak terbendung di masa depan. IGX 2025 dengan bangga mempersembahkan harmoni sempurna antara teknologi, e-sports, dan kekayaan budaya Nusantara, dan kami ingin menunjukkan bahwa Jakarta menjadi puncak inovasi masa depan Indonesia,” tutur Hoky.

Sementara KRA Rivo Cahyono Setyonegoro selaku Ketua Yayasan Ethnic Indonesia menambahkan; “Melalui kolaborasi ini, kami ingin mengingatkan bahwa kemajuan teknologi harus berjalan beriringan dengan pelestarian budaya. IGX 2025 adalah wujud nyata harmoni tersebut.”

Hendri Andrigo Sutanto, Ketua Umum AGKDI menegaskan, “IGX 2025 Jakarta bukan hanya sebuah festival, namun momentum strategis untuk membangun masa depan industri game dan teknologi informasi yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan. Kami mengajak seluruh stakeholders mulai dari gamers, developer, akademisi, hingga pemerintah daerah untuk bersama-sama menjadikan Jakarta sebagai episentrum digital culture di Indonesia.”

“Mari bersama memperkuat fondasi ekonomi digital Indonesia melalui inovasi dan kolaborasi. Ayo jadi bagian dari revolusi digital Indonesia di Gajah Mada Plaza pada 20-23 November 2025!” pungkas Hendri.

Acara ini merupakan kolaborasi strategis yang diselenggarkan oleh Asosiasi Game dan Konten Digital Indonesia (AGKDI) dan didukung oleh Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia, Taiwan Trade Center (TAITRA) Jakarta, termasuk oleh APTIKNAS, APKOMINDO dan PERATIN serta APGI.

IGX adalah festival game dan konten digital terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh AGKDI. IGX bertujuan untuk memajukan industri game nasional melalui pameran, kompetisi esports, konferensi, dan kegiatan kolaboratif lainnya.

Pewarta :  Arif prihatin