Sambangi Pemilik Kios, Bhabinkamtibmas Desa Persiapan Sabal Sampaikan Imbauan Kamtibmas

Uncategorized129 Dilihat

 

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Guna menyampaikan Imbauan Kamtibmas dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, Bhabinkamtibmas Desa Persiapan Sabal Briptu THIAS BATMOMOLIN sambangi Pemilik Kios.

Giat Sambang terhadap Masyarakat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Briptu THIAS BATMOMOLIN di Desa Persiapan Sabal, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (15/04/24) tersebut disambut baik oleh Bapak KUTA FATUNLEBIT selaku Pemilik Kios.

Adapun tujuan dari kegiatan Sambang tersebut adalah selain untuk menjalin hubungan silahturahmi dan kemitraan yang baik, sekaligus untuk mengajak pemilik Kios serta Warga yang berada disekitarnya untuk bersama-sama turut menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga dapat mencegah terjadinya Gangguan Kamtibmas di lingkungannya.

Pada saat melaksanakan Sambang, nampak terlihat Briptu THIAS BATMOMOLIN berdialog langsung dengan Pemilik Kios sekaligus memberikan Imbauan dan pesan-pesan Kamtibmas agar selalu mawas diri dengan mewaspadai segala bentuk aksi kejahatan salah satunya yaitu Pencurian yang bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.

“Ketika ingin keluar Rumah, pastikan pintu dan jendela tertutup dengan benar, serta tidak menyimpan atau meninggalkan barang berharga di dalam Kios, hal ini tentunya untuk menghindari potensi terjadinya aksi Pencurian” imbau Bhabinkamtibmas.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga mengecek dan menghimbau kepada Pemilik Kios untuk tidak menjual makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, karena hal itu dapat membahayakan para konsumennya. Demikian pula terhadap peredaran Miras, sebagai Bhabinkamtibmas wajib untuk menghimbau warganya untuk tidak menjual Miras hingga mengkonsumsinya, karena disamping dapat merugikan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain.

“Sebagian besar permasalahan yang terjadi bermula dari mengkonsumsi Miras. Warga pun sering mengeluhkan terkait masih ditemukan Pemuda yang sering mengkonsumsi Miras di malam hari sambil membuat keributan dan mengakibatkan Warga merasa terganggu. Sehingga untuk mencegah hal itu, diharapkan agar para Pemilik Kios tidak menjual Miras” imbuhnya.

Bhabinkantibmas pun turut mengajak seluruh elemen Masyarakat untuk selalu hidup rukun dan damai serta saling menyayangi dan menghargai satu5 sama lain dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Adat Istiadat dan Agama yang bersemboyan leluhur dan Bhineka Tunggal Ika (Biar Berbeda-Beda Tetapi Satu).

“Agar dalam kehidupan bermasyarakat, mari kita saling menghargai dan menghormati serta hindari gesekan antar warga, guna terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di lingkungan kita masing-masing” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Wermaktian Iptu LUKY KORA, S.H., saat dikonfirmasi mengatakan bahwa giat sambang dan dialog yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas kepada Masyarakat ini dinilai sangat bermanfaat guna menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas. Sehingga dengan adanya kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah Masyarakat, diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi Masyarakat.(Jk)