Gempabumi Tektonik M3,4 Dirasakan Di Kabupaten Cianjur-Jabar

Uncategorized714 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | JAWA BARAT, – Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Senin, 17 Juni 2024 pukul 18:21:53 WIB, wilayah KAB-CIANJUR-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat 6.85 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.

Dampak Gempabumi:
Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas II – III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Gempabumi Susulan:
Hingga pukul 18:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Sumber : DARYONO BMKG

Pewarta : Arif prihatin