Penanganan bencana alam tanah longsor di desa Rappoala kecamatan Tompobulu kabupaten gowa

Uncategorized363 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | GOWA — Titik longsor di desa Rappoala merupakan jalan poros malakaji ke sapayya, terjadi saat hujan deras di sertai angin kencang pada hari jum”at sampai sabtu.
Di perkirakan terjadinya longsor sekitar jam 13.30, dan mengakibatkan arus listrik sempat padam selama dua(2)hari. Minggu 25/12/2022.

Anggota koramil 1409/07 tompobulu yang dikomandoi bapak infanteri Irhan sijaya bersama komunitas mobil jeep lompobatang dan PMI kecamatan, beserta masyarakat setempat melakukan kegiatan pembersihan material longsor, hingga dapat di lalui kendaraan.

Adapun alat berat yang di turunkan di lokasi longsor guna mengangkat tanah dan batu yang sulit di angkat oleh tenaga manusia.

Alhamdulillah dengan kerjasama tim dan masyarakat akses jalan akhirnya bisa di lalui oleh kendaraan, meskipun sudah bisa di lalui, pengendara sepeda motor,maupun mobil harus ekstra hati-hati mengingat jalan masih licin disebabkan oleh lumpur.

” Saat ini musim penghujan, dan kita harus siaga satu, harus standbay di posko bencana, kapan ada bencana dan membutuhkan bantuan, kita sigap membantu satu sama lain.
“personil koramil dan satgas bencana selalu siap siaga, di tambah lagi dari anggota jeep lompobattang yang sebagai garda terdepan saat ada bencana, mereka semua siap membantu.
ucap bapak inf irhan sijaya sabagai Danramil 1409/07 tompobulu.

Dalam kegiatan ini, turut pula hadir bapak camat tompobulu beserta rombongan membantu penanganan tanah longsor.

Bapak camat Tompobulu menyampaikan kepada warga yang berada di lokasi longsor agar berhati-hati saat musim penghujan, mengingat Tompobulu ini merupakan daerah perbukitan, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor susulan di musim ini ungkapnya.

Dalam penanganan bencana alam di tompobulu dan sekitarnya, komunitas mobil Jeep lompobattang, mendirikan posko bencana di sekretariat jeep, yang berada di samping mesjid raya malakaji.
Mereka siap menerima laporan warga pada saat ada bencana yang terjadi di wilayah Tompobulu.

Satgas bencana Tompobulu terdiri dari beberapa diantaranya kemunitas jeep lompobatang, PMI , TNI, dan Polri, serta para pemuda karang taruna, yang bergabung dalam satu komando, (Tompobulu bersatu)

Pewarta Dhenkjallo