78 Pendaftar PTPS di Kecamatan Sabbang Selatan Tes Wawancara, Ketua Panwaslu Bilang Ini

SATYA BHAYANGKARA | LUWU UTARA – Dalam rangka menghadapi pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu 14 Februari 2024. Kali ini Panwaslu Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara melakukan proses seleksi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Umum tahun 2024 menjadi tahap krusial.

Setelah tahap Verifikasi Administrasi yang telah dilalui, adalah hari pertama Panwaslu Kecamatan Sabbang Selatan menggelar tahap selanjutnya yakni, tes wawancara Pengawas TPS di wilayah Kecamatan Sabbang Selatan, Minggu 14 Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Sabbang Selatan, Salmiana, SP pada media ini di Sekretariat Panwaslu Dusun Tarue, Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan mengatakan bahwa, “terdapat 78 peserta yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, kemudian hari ini mengikuti tahap tes wawancara dan kita hanya butuh 67 anggota PTPS,” sebut Salmiana.

Dalam wawancara tersebut pertanyaan yang diajukan mencakup pemahaman terhadap tugas pengawas, penanganan situasi darurat, dan upaya memastikan proses pemungutan suara berlangsung sesuai aturan.

Dengan berfokus pada kualitas calon, Panwaslu Sabbang Selatan berharap dapat menyeleksi pengawas yang benar-benar memahami dinamika wilayah setempat. Proses seleksi ini merupakan langkah konkret untuk memastikan keberlanjutan integritas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemilihan di Kecamatan Sabbang Selatan.

Dari hasil tes wawancara akan menjadi acuan dalam penentuan siapa saja yang akan ditempatkan di tempat pemungutan suara saat hari pemilihan.

“Keberhasilan Panwaslu Sabbang Selatan dalam menyaring calon pengawas yang berkualitas diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran dan keabsahan proses pemilu di tingkat desa hingga kecamatan,” jelas Salmiana.

Untuk diketahui bahwa, di Desa Terpedo Jaya ada 11 TPS pendaftar 11 orang, Buangin 12 TPS pendaftar 16 orang, Dandang 7 TPS pendaftar 9 orang, Kampung Baru 6 TPS pendaftar 7 orang, Kalotok 8 TPS pendaftar 9 orang, Batu Alang 3 TPS pendaftar 5 orang.

Dan untuk pendaftar yang pas TPS nya di Desa yakni, Desa Tete Uri 5 TPS ikut wawancara 5 orang, Bone Subur 4 TPS pendaftar 4 orang, Pompaniki 4 TPS pendaftar 4 orang, dan Desa Mari-Mari 7 TPS yang ikut tes wawancara 7 orang.

Pewarta: Yustus
Editor : Asmail Tutu