Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri, SDM Polres Kepulauan Tanimbar Lakukan Verifikasi.

Uncategorized117 Dilihat

 

Saumlaki, Satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar seleksi penerimaan calon Anggota Polri T.A 2024 Pabanrim Polres Kepulauan Tanimbar, melalui tahapan pemeriksaan awal, Jumat (19/04).

Adapun giat pemeriksaan awal ini meliputi serangkaian pemeriksaan ijazah, KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), tinggi badan hingga berat badan. Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk menjamin dan melahirkan calon anggota Polri yang berkualitas dan berintegritas.

Verifikasi pendaftaran peserta calon Anggota Polri ini, digelar pada Ruang Bagian SDM Polres Kepulauan Tanimbar yang meliputi tahapan pendaftaran menjadi Akpol, calon Bintara yang meliputi Bintara PTU (Polisi Tugas Umum), Bintara Rekpro, Bakomsus Nakes, Bakomsus Hukum, Bakomsus Kehumasan/TI, Bakomsus Pariwisata hingga Tamtama.

Para calon Anggota Polri, baik yang mendaftarkan diri pada Akpol, Bintara hingga Tamtama, dipastikan untuk harus melewati semua tahapan ini dengan kriteria yang telah ditetapkan untuk bisa melanjutkan ke proses seleksi berikutnya.

Kapolres Kepulauan Tanimbar, melalui Kabag SDM AKP Simson Kormasela, S.H., mengatakan bahwa dalam mendaftarkan diri sebagai Anggota Polri ini gratis tanpa dipungut biaya, yang mana pada proses seleksi ini dilakukan dengan ketat, akuntabel dan transparan dengan melibatkan pengawas internal dari Propam Polres Kepulauan Tanimbar untuk mengawasi proses penerimaan calon Anggota Polri ini.

“Untuk sementara, saat ini jumlah Casis Anggota Polri yang telah diverifikasi serta yang telah mendapatkan Nomor Casis pada Pabanrim Polres Kepulauan Tanimbar sebanyak 32 Orang, diantaranya Bintara PTU berjumlah 21 Orang, Bintara Rekpro berjumlah 4 Orang dan Tamtama berjumlah 7 orang” ungkap Kabag SDM.

Lebih lanjut AKP Simson Kormasela, S.H., mengungkapkan bahwa proses seleksi ini diharapkan tidak hanya mencari individu yang sehat secara fisik maupun mental, tetapi juga harus memiliki dedikasi yang tinggi, integritas, dan kejujuran.

“Penerimaan ini terbuka untuk Masyarakat umum yang memenuhi persyaratan serta memiliki ketertarikan untuk berkarir pada Kepolisian” pungkasnya.

Selain itu, Kabag SDM menegaskan apabila ada yang menjanjikan untuk bisa meloloskan menjadi Anggota Polri maupun ada yang mengatasnamakan siapa saja dengan berbagai tipu dayanya, agar segera melaporkan hal tersebut. (A.L).