PJ Walikota Palopo Dan sejumlah PJ Tinggi Menghadiri Rapat Menjaga Integritas Pilkada Damai 2024

Uncategorized176 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA/PALOPO – Pemerintah Kota Palopo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2024.Rapat ini berlangsung di ruang Ratona, lantai dua kantor Walikota Palopo, dengan dimulai pukul 10.00 WITA dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting. Kamis, 24 Oktober 2024

Dalam rapat tersebut, hadir Penjabat (PJ) Walikota Palopo Firmanza DP, PJ Sekda Ilham Hamid, Kabag Ops Polres Palopo AKP Rafli, Kajari Palopo Ikeu Bachtiar, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo, Ketua DPRD Palopo Darwis, dan sejumlah camat serta lurah se-Kota Palopo.

PJ Walikota Palopo Firmanza DP menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada masyarakat dan kerja sama antar lembaga dalam menjaga kelancaran Pilkada.

“Pengalaman Pilkada 2013 yang sempat diwarnai kekacauan agar tidak terulang. Untuk itu, Palopo harus fokus pada program-program prioritas demi kesejahteraan masyarakat,” kata Firmanza.

Darwis, Ketua DPR Palopo, mengajak semua pihak, termasuk partai pengusung dan pendukung pasangan calon, untuk menjaga keamanan selama Pilkada. Ia menegaskan pentingnya kerja sama antara camat, lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dalam menjaga pemilu yang damai.

Sementara Ikeu Bachtiar menekankan pentingnya menjaga kedamaian dan integritas Pilkada, khususnya bagi ASN, TNI, dan Polri yang harus bersikap netral. Ia juga menyinggung peran Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam mengawal proses hukum selama Pilkada.

Letkol Arm Kabid Bintoro Priyambodo mengingatkan agar kejadian pada Pilkada 2013 tidak dijadikan kebanggaan, melainkan pelajaran. Dia juga menegaskan kesiapan TNI dan Polri untuk mengamankan Pilkada dan menekankan pentingnya patroli bersama dalam menjaga ketertiban.

AKP Rafli Sos MH, mewakili Kapolres Palopo, memaparkan secara mendalam mengenai rencana operasi pengamanan Pilkada serentak 2024. Dalam paparannya, ia mengidentifikasi potensi kerawanan Pilkada seperti politik uang, netralitas ASN, serta keamanan logistik dan posko Paslon.

“Polres Palopo berkomitmen untuk menjaga ketertiban dan memitigasi potensi konflik selama masa pemilihan,” ucapnya.

Dalam rapat, dibahas beberapa potensi kerawanan seperti politik uang, mobilitas massa saat kampanye akbar, distribusi logistik, hingga penggunaan media sosial yang bisa memicu konflik. Selain itu, netralitas ASN, TNI, dan Polri juga menjadi perhatian serius dalam menjaga integritas Pilkada.

Pewarta:Zulkifli Jeka

Editor    :Nasir Gassing S. E