Kas Koarmada III Tinjau Kesiapan Terakhir Satgas Port Visit TNI-AL 2024 Sebelum Tolak Menuju Negara Pasifik Selatan

Uncategorized85 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | KOTA SORONG, – KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH) -991 yang tengah menjalankan Satgas Port Visit 2024, kini telah tiba di Dermaga Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIV Sorong, beberapa hari lalu Senin (14/10). Sebelum berangkat terlebih dahulu Kas Koarmada III tinjau kesiapan dalam rangka mengecek kesiapan terakhir sebelum menuju negara kawasan Pasifik Selatan antara lain ; Solomon, Fiji, Vanuatu dan Papua Nugini.

Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. mewakili Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., meninjau Satuan Tugas Port Visit 2024 yang telah sandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Rabu (16/10/24)

Selanjutnya Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. mengatakan bahwa, “Pada kesempatan ini sengaja ditampilkan seluruh rangkaian cocktail party sebagai gambaran pada pelaksanaan kegiatan di negara yang akan dituju, selain itu kegiatan ini merupakan tradisi TNI AL dalam menyambut tamu kenegaraan diatas Kapal Perang Republik Indonesia yang melaksanakan kegiatan pelayaran keluar negeri”.

“Dalam simulasi Cocktail Party ini ditampilkan beberapa budaya dan tradisi Indonesia diantarnya adalah tarian Saman berasal dari Provinsi Aceh, tarian Reog Ponorogo yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur, serta Ketrampilan bela diri Pencak Silat, dan Tari Falabea atau tari perang dari Papua, dan ditutup dengan tarian Yembo dari Papua.”jelas Laksma Singgih

Lanjut Kas Koarmada III, Tidak hanya itu dalam acara tersebut disajikan juga masakan dan minuman khas Indonesia diantaranya adalah sate, rawon, nasi goreng, soto, bakso, kue basah dan lainya serta menu internasional,” ujarnya.

Kedatangan Kepala Staf Koarmada III ke KRI WSH-991 selain untuk meninjau dan mengecek kesiapan Prajurit KRI dr. Wahidin Sudiro Husodo (WSH-991) juga memberikan motivasi terhadap para personel Satgas Port Visit 2024 yang mana akan membawa nama baik Negara dan Bangsa Indonesia serta misi perdamaian ke negara-negara kawasan Pasifik Selatan.

 

Pewarta : Arif prihatin