Patroli KRYD Polres Kepulauan Tanimbar Giatkan Monitoring Ke SPBU, Cegah Kecurangan Pendistribusian BBM

Uncategorized589 Dilihat

Satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam menanggapi isu dan pemberitaan beberapa waktu lalu terkait adanya kecurangan di SPBU yang mencampurkan BBM dengan air, Polri terus menggiatkan Patroli dan Monitoring ke sejumlah SPBU sebagai langkah proaktif.

 

Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pendistribusian BBM, Patroli KRYD Polres Kepulauan Tanimbar melaksanakan Patroli dan Monitoring pada SPBU yang berlokasi di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, (11/04/24) siang.

 

Kegiatan ini juga turut melibatkan Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor yang tergabung dalam Sprin KRYD (Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan). Dalam pelaksanaannya, Patroli ini dipimpin oleh Aipda GLENDY KASALE selaku Katim Patroli KRYD dengan menggunakan 1 (satu) unit kendaraan truck Dinas milik Sat Brimob.

 

Patroli KRYD dengan sasaran pada SPBU ini bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kecurangan serta penyalahgunaan penyaluran BBM bersubsidi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Dengan adanya upaya monitoring yang dilakukan secara rutin dan intensif ini, diharapkan dapat memastikan bahwa pelayanan di SPBU dapat dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, guna menghindari praktik-praktik yang dapat merugikan konsumen.

 

Petugas Patroli menghimbau kepada Karyawan SPBU untuk tidak melayani pengisian BBM dengan menggunakan jerigen maupun tangki kendaraan yang sudah dimodifikasi dan bisa menimbulkan terjadinya penimbunan. Apabila ditemukan adanya penyelewengan penggunaan BBM baik itu dari pihak SPBU maupun masyarakat, hal ini tentunya akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

 

Selain itu, Petugas juga menyampaikan kepada pihak SPBU bahwa apabila terjadi antrean panjang yang dapat menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas, diharapkan agar segera laporkan kepada Pos Polisi terdekat maupun Call Center Polres Kepulauan Tanimbar.

 

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI membenarkan hal itu, menurutnya kegitan yang dilakukan oleh Personel Patroli KRYD ini bertujuan untuk mencegah adanya penyalahgunaan distribusi BBM bersubsidi. Disamping itu juga, kegiatan ini tentunya dilakukan sebagai upaya untuk terus menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga Masyarakat dalam melakukan aktivitasnya merasa aman, nyaman dan lancar.

 

“Kami akan terus berupaya melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan bahwa praktik kecurangan dalam penyaluran BBM bersubsidi pada SPBU di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dapat dicegah dan dihindari” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Kasi Humas mengungkapkan bahwa langkah Preventif serta tindak lanjut yang telah dilakukan oleh pihak Kepolisian ini tentunya diharapkan dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan bagi Masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh SPBU, serta sebagai upaya untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

 

Selama proses Patroli dan monitoring berlangsung, tidak ditemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak SPBU. Setelah itu, Kegiatan Patroli pun berlanjut dengan menyisir pada sejumlah titik lokasi terjadinya rawan gangguan Kamtibmas. Selama Patroli berlangsung hingga selesai, Situasi Kamtibmas terpantau aman dan lancar.(O.L/B)