Pimpin pelaksanaan Apel, AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., Cek kesiapan Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

Uncategorized617 Dilihat

 

satyabhayangkara.co.id – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam rangka kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah hukum Polres Kepulauan Tanimbar, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., pimpin pelaksanaan apel pengecekan kesiapan Personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (05/02/24).

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Kapolres AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., didampingi oleh Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., dan dihadiri oleh Danki Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor, AKP AGUSTINUS LAINATA, S.Sos., M.H, para Pejabat Utama, para Perwira serta seluruh anggota Polres Kepulauan Tanimbar dan Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor, yang bertempat di Halaman Mapolres Kepulauan Tanimbar.

Selama apel berlangsung, dilakukan pengecekan terhadap jumlah Personel yang akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk pengecekan terhadap kesiapan peralatan pengamanan seperti Ransel atau Tas punggung, Pakaian Dinas, bekal kesehatan berupa obat – obatan, buku saku, roling bed, jas hujan, senter hingga peralatan lainnya.

Melalui arahannya, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., mengatakan bahwa Apel pengecekan ini bertujuan untuk mengecek dan mengetahui jumlah Personel Pengamanan TPS serta Sarana dan Prasarana yang telah dipersiapkan berupa perlengkapan dan peralatan yang harus dibawa, dalam rangka untuk memastikan keamanan Masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS pada tanggal 14 Februari mendatang.

“Sehinggga melalui Apel ini, kita dapat memastikan setiap tahapan kesiapan setiap Personel yang akan melaksanakan Pengamanan TPS, sudah dipersiapkan dengan baik dan sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang ditetapkan” sambung Kapolres.

Selain pengecekan terhadap Sarana dan Prasarana (Sarpras), kesehatan dan fisik Personel yang terlibat dalam Pengamanan di TPS juga menjadi hal prioritas yang terus digaungkan oleh Kapolres. Sehingga dalam pelaksanaan pengamanan di TPS nanti, Kapolres berharap seluruh Personel dalam keadaan siap, tanpa ada kekurangan apapun baik Sarpras maupun perlengkapan yang dibawa.

Lebih lanjut Kapolres juga berpesan selain memastikan keamanan Kotak Suara, Personel juga harus mengutamakan Keselamatan diri, mengingat terdapat sejumlah TPS yang harus dilewati melalui Perairan dan saat ini cuaca yang sering berubah-ubah, sehingga Kapolres menghimbau untuk tetap mewaspadai segala kemungkinan.

Diakhir kegiatan, Kapolres kembali mengingatkan kepada seluruh Personel untuk tetap Netralitas dalam setiap pengamanan TPS serta menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, dan Demokratis.

“Harapannya, melalui apel pengecekan ini, tingkat kesiapan dan kelancaran Pengamanan pada TPS saat pelaksanaan pungutan suara Pemilu 2024 hingga selesai, dapat terlaksana dengan baik” tutupnya.(jk)