Minimalisir Bencana Kebakaran, Disdamkarmat Kabupaten Cirebon Bentuk Redkar Kecamatan

Uncategorized290 Dilihat

SATYA BHAYANGKARA | KABUPATEN CIREBON, – Sosialisasi Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Kecamatan Weru dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan kebakaran di Kabupaten Cirebon.

 

Acara sosialisasi dihadiri oleh Camat Weru Hevazy Aldhary, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon Mohamad Ferry Afrudin, Kepala desa Setu kulon Joharudin, Relawan damkar Kecamatan Weru. serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-kecamatan Weru.

 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Mohamad Ferry Afrudin menjelaskan bahwa tidak hanya bertanggung jawab terhadap pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon juga berperan dalam pencegahan kebakaran serta penanggulangan dan penyelamatan.

 

Keikutsertaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat memberi contoh dan inspirasi bagi masyarakat setempat dalam berpartisipasi aktif sebagai Relawan Pemadam Kebakaran”tutur Ferry

 

Alda selaku Camat Weru menyampaikan, “Bhabinkamtibmas dan Babinsa diminta bisa menyesuaikan di lingkungan berbaur menjadi satu dengan masyarakat dalam berperan sebagai menjaga kamtibmas dan menanggulangi bencana di sekitar. Dalam menanggulangi sebuah bencana, dibutuhkan relawan supaya cepat teratasi. Dalam kegiatan sosialisasi, akan dilakukan rekrutmen relawan pemadam kebakaran (REDKAR) yang akan dilatih dan dibina oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cirebon”

 

Dorongan dan arahan kepada masyarakat untuk menerapkan pencegahan kebakaran juga disampaikan pada sosialisasi. Pemerintah Kabupaten Cirebon sendiri memberikan dukungan penuh kepada Dinas Pemadam Kebakaran untuk melatih upaya-upaya pencegahan kebakaran kepada setidaknya 10 orang di setiap desa atau kelurahan.

 

“Kami ingin memastikan bahwa selain merespons kebakaran, relawan ini juga dapat mengatasi situasi lain, seperti kecelakaan domestik, gangguan rumah tangga atau bahkan penanganan binatang buas masuk ke rumah,” ucap Alda.

 

Kontribusi masyarakat dalam REDKAR diharapkan dapat mengurangi dampak yang timbul oleh kebakaran dan insiden terkait dan meningkatkan tingkat keamanan keselamatan masyarakat.

Pewarta : Arif prihatin